Antisipasi Ancaman Karhutla,Pemkot Bengkulu Imbau Masyarakat Dukung Kebijakan yang Sudah Dilayangkan

 Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Penjabat (Pj) Walikota Bengkulu Arif Gunadi meminta seluruh elemen masyarakat di Ibu kota Provinsi Bengkulu untuk meningkatkan antisipasi ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)

Dalam hal ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu ingin masyarakat mendukung beberapa imbauan dan kebijakan yang telah dilayangkan demi mengantisipasi ancaman karhutla.

“Kita berharap masyarakat tidak membakar sampah sembarangan. Kita juga mengimbau masyarakat agar tidak membuka lahan atau hutan dengan melakukan pembakaran,” ungkap Arif.

Baca Juga  Lumpuh Akibat Sakit Saraf Sejak Kecil, Walikota Bantu Kursi Roda untuk Azifa

Untuk memastikan itu, Pj Walikota bersama Kapolresta Bengkulu Kombes Pol Aris Sulistyono dan beberapa Kepala OPD terkait meninjau posko pencegahan Karhutla di 9 Kecamatan, Minggu sore (8/10/2023).

Antisipasi Ancaman Kaarhutla,Pemkot Bengkulu Imbau Masyarakat Dukung Kebijakan yang Sudah Dilayangkan

Peninjauan posko tersebut untuk memastikan kesiapsiagaan para petugas yang ditempatkan di sejumlah titik lokasi rawan kebakaran lahan. Arif menyebut, ada 10 posko pencegahan karhutla yang ditempatkan di sejumlah titik lokasi beserta petugas dan perlengkapan.

Selain pendirian posko, spanduk-spanduk himbauan yang mengingatkan masyarakat untuk tidak membakar lahan juga dipasang di titik-titik yang mudah terlihat. Sehingga masyarakat membaca pesan yang disampaikan agar stop membakar lahan.

Baca Juga  Gelar Rapat, Pemkab Muba Gelar Kegiatan Gerakan Pangan Murah
Antisipasi Ancaman Kaarhutla,Pemkot Bengkulu Imbau Masyarakat Dukung Kebijang yang Sudah Dilayangkan

“Kita sudah menghimbau camat di berbagai kesempatan, baik di rumah ibadah atau pertemuan rutin di kecamatan, agar memberikan pengetahuan tentang karhutla kepada masyarakat,” tuturnya.

“Alhamdulillah, dari mulai tanggal 12 September sampai 7 Oktober ini kebakaran hutan dan lahan di Kota Bengkulu, berdasarkan analisa dan evaluasi sudah jauh menurun,” sambungnya.

Baca Juga  Ketua PKC PMII Bengkulu, Mengutuk Keras Penembakan Terhadap Tokoh Muhammadiyah Bengkulu
Antisipasi Ancaman Kaarhutla,Pemkot Bengkulu Imbau Masyarakat Dukung Kebijakan yang Sudah Dilayangkan

Sementara itu, Kapolresta Bengkulu Kombes Pol Aris Sulistyono mengungkapkan akan mengambil tindakan tegas apabila ada oknum yang sengaja membakar lahan dan hutan.

“Kalau itu tentu ada pidananya, karena setiap perbuatan melawan hukum terkait dengan masalah karhutla ada pidananya. Terkait hal ini, kita pun harus melakukan penyelidikan, apakah ada unsur kesengajaan atau kelalaian ataupun ada unsur yang lain,” tegas Aris.(BR1)adv

Share

Tinggalkan Balasan