Sosialisasi Terhadap Pilkada 2024, Agar Meningkatkan Partisipasi Pemilih Kalangan Muda di Kota Bengkulu

Bengkulu, Beritarafflesia. Com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota  Bengkulu bekerja sama dengan Forum Demokrasi Milenial yang menggelar acara sosialisasi Pilkada 2024 dengan tema “Tingkatkan Partisipasi Pemilih pada Pilkada Kota Bengkulu Tahun 2024”. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini (06/10/2024) bertujuan untuk menyalurkan sosialisasi yang inovatif secara berkelanjutan mengenai tentang  hak pilih, proses pemilihan, serta dampak terhadap hasil Pilkada kehidupan masyarakat.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam demokrasi untuk masyarakat yang memiliki kesempatan untuk memilih pemimpin yang akan menentukan arah pembangunan di daerah. Namun, di beberapa daerah, termasuk Kota Bengkulu, partisipasi pemilih seringkali belum optimal. Dikarenakan banyak yang diperlukan upaya intensif untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada Kota Bengkulu 2024.

Baca Juga  Rawat Bumi dengan Kelola Sampah, Ini Kebijakan Gubernur Rohidin

Partisipasi aktif dalam Pilkada sangat penting karena, pemimpin yang terpilih akan membawa visi dan program yang berdampak pada kualitas hidup masyarakat selama lima tahun ke depan. Setiap suara yang akan diberikan merupakan kontribusi berharga bagi mewujudkan pemerintahan yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Wira Hadi Kusuma, selaku pemateri dalam acara tersebut, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat positif dan perlu tindak dilanjutkan karena, demokrasi tersebut berjalan. Oleh karena itu generasi milenial harus dilibatkan dalam proses yang dikembangkan ini.

Baca Juga  HUT ke-55 Provinsi Bengkulu dan HUT RBTV, Jalan Santai Dapat Hadiah

“Harapan saya, KPU lebih terformat dan terprogram, baik dalam persiapan maupun sasaran calon pemilih. Akan lebih baik jika disediakan alat bantu langsung, seperti penggunaan PPT atau tautan yang bisa langsung dibagikan agar lebih efektif,” ujar Wira Hadi Kusuma pada (6/10/2024.)

Pemilih muda dan pemula seringkali belum memahami pentingnya Pilkada. Oleh karena itu, kelompok ini perlu didekati dengan cara yang lebih kreatif dan sesuai dengan dunia mereka. Pendidikan politik di sekolah-sekolah dan universitas perlu ditingkatkan. Melibatkan pelajar dan mahasiswa dalam diskusi politik yang sehat dan terbuka akan memberi mereka pemahaman yang lebih baik tentang peran penting Pilkada dalam pembangunan daerah.

Baca Juga  SE Pengendalian Jenis Kuota BBM Dicabut, Truk Pengakut Tambang dan Perkebunan Sawit Dilarang Isi BBM Subsidi

“Saya senang adanya sosialisasi ini, karena saya mendapatkan pengetahuan lebih tentang Pilkada. Sebagai mahasiswa, kita tidak boleh Golput. Saya berharap pemilih pasangan calon yang tepat dan sosialisasi ini dapat berkembang lebih baik lagi,” ujar Moneka, salah satu peserta sosialisasi, pada (6/10/2024)

Dengan diadakannya sosialisasi ini, diharapkan kaum milenial dapat menggunakan hak pilih mereka dengan sebaik mungkin dan sejujurnya. Kaum milenial juga diingatkan untuk tidak Golput ataupun terlibat dalam money politik. (Ayy)

Share