Bupati Rejang Lebong Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Bupati Rejang Lebong Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Rejang Lebong,Beritarafflesia.Com-Bupati Rejang Lebong, Drs. H. Syamsul Effendi, MM pimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. Upacara diselenggarakan di halaman Pemkab, pukul 08.00 WIB, Sabtu, (1/6/2024).

Upacara dihadiri Dandim 0409, Letkol.Arh.M.Efran Yuli Saputro, Wakapolres, Kompol.Tekad Parmo, Ketua DPRD, Mahdi Husen, Setdakab, Yusran Fauzi, ST. Kajari diwakili MF Widodo, SH. Serta para kepala dinas instansi, staf ahli dan Asisten Setda. Termasuk Ketua TP-PKK, Ny. Hj. Hartini Syamsul Effendi, S.Sos, M.Si, Ketua DWP, Ny. Ermawani dan perwakilan Bhayangkari.

Peserta upacara terdiri dari pasukan TNI, Brimob, Polres, Satpol PP, Damkar, PNS, PGRI, mahasiswa dan pelajar. Sedangkan Lettu. Tasmi B bertindak sebagai komandan upacara.

Baca Juga  Polres RL Ikut Donor Darah Peringati Hari Juang TNI AD

Pengibaran sang saka merah putih dilakukan pasukan Paskibraka. Teks Pancasila dibaca Bupati. Dan Pembukaan UUD 45 dibaca Nur Azizah. Sedangkan pasukan aubade didukung pelajar SMPN1.

β€˜β€™Hari ini, tanggal 1 Juni 2024, kita memperingati hari lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno sebagai proklamator kemerdekaan pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya tahun 1945 di depan sidang badan penyelidik usaha-usaha persiapan kemerdekaan (BPUPK),’’ kata bupati saat membacakan amanat tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Judian Wahyudi.

Dikatakan, tema peringatan hari lahir Pancasila 2024 ini adalah : Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan bangsa dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan Bahasa menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Baca Juga  Bupati Rejang Lebong Buka Pasar Murah dan Bagi-bagi Sembako

β€˜β€™Dalam momentum ini, saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam seluruh aspek kehidupan. Sebagai meja statistik, Pancasila mampu mempersatukan bangsa dalam menghadapi berbagai gelombang tantangan dan ujian sejarah. Sehingga, sampai saat ini Indonesia masih berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

β€˜β€™Dalam menghadapi perkembangan situasi global yang ditandai dengan kemajuan teknologi komunikasi pesat menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa kita tidak mengalami disorientasi dimasa depan. Pesatnya kemajuan teknologi ini ditandai dengan masifnya penggunaan smartphone dalam mengakses informasi melalui berbagai media. Penggunaan sarana komunikasi ini harus dilakukan secara bijak untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,’’ tutur Judian Wahyudi dalam amanat yang dibacakan bupati.

Baca Juga  TBK Rejang Lebong Minta Warga Bayar Tepat Waktu

Selain itu, Judian juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama bergotong-royong merawat anugrah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 2024.

β€˜β€™Kita harus berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,’’ demikian Judian Wahyudi. (BR1)

Share