Deputi Bidang KS-PK BKKBN Pusat, Hadiri Acara Rakerda Program ‘Bangga Kencana’

Beritarafflesia.com  – Deputi Bidang KS-PK BKKBN pusat, Nopian Andusti hadir langsung pada acara Rakerda program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana) di Mercure Hotel, Rabu (06/04/22).

Turut hadir Wakil Gubernur Bengkulu Rosjonsyah, dan Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah yang menyaksikan acara secara virtual. dihadiri juga oleh Bupati Kepahiang, Wakil Bupati Seluma dan perwakilan bupati dari kabupaten lainnya, serta Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu Rusman Efendi, Kepala BPKP Iskandar Novianto, Kepala Bulog, dan Unsur forkopimda Provinsi Bengkulu.

Dalam sambutannya, Nopian meminta seluruh pemerintah daerah mulai dari pemprov, pemkab dan pemkot untuk mengikat perjanjian kerjasama (PKS) dengan Kantor Urusan Agama (KUA) terkait dalam hal kerjasama menurunkan angka stunting pada anak.

Baca Juga  Lurah Bentiring Tangkap Warga Buang 6 Ember Sampah Bulu Ayam Sembarangan

Nopian mengatakan,PKS sudah dilaunching di Kota Palembang, Ia berharap jadi role model bagi pemerintahan yang lainnya termasuk di Provinsi Bengkulu.

“Saya minta ada kerjasama antara pemerintahan dengan kepala kantor urusan agama dan kemenag. Di Palembang sudah dilakukan. Karena stunting ini rata-rata terjadi karena faktor usia dan kesehatan saat pernikahan. Dan ini muaranya di KUA,” ungkap Nopian.

Mantan Sekda Provinsi Bengkulu ini juga menyampaikan bahwa setiap daerah harus pasang target penurunan stunting. 

Baca Juga  Ketua DPRD Kota Dan Kapolres Resmikan Mushola Al-Waliyy Polsek Kampung Melayu

“Harus bisa mencapai target bahwa angka stunting di Provinsi Bengkulu pada tahun 2024 hanya 10 persen. Kemudian tahun 2016 menjadi zero (0) stunting,” ujar Nopian.

Dalam sambutannya Nopian juga menyapa Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi yang hadir langsung di acara tersebut. Ia mengatakan ingin bertemu juga dengan walikota dan wakil walikota secara khusus dalam waktu dekat ini selagi ia masih berada di Bengkulu karena ada hal-hal yang perlu disampaikan terkait persoalan stunting.

Nopian juga berharap kepada seluruh KUA agar dapat membantu dalam hal kerjasama pencegahan stunting yakni dengan melakukan pendampingan konseling dan kesehatan calon pengantin. 

Baca Juga  Pemkot Sepakat Status PPKM Level I Jadi Level III Saat Natal dan Tahun Baru

“Mari bersama mensukseskan program ini untuk menjelang Indonesia Emas,” tutup Nopian.

Acara ini mengangkat tema ‘Penguatan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Melalui Optimalisasi Sumber Daya dan Konvergensi Lintas Sektor’.

Di lokasi dan acara yang sama juga dilakukan perjanjian kerja sama antara perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu dengan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat, Universitas Ratu Samban, Persatuan Ahli Gizi Indonesia dan Perum Bulog divre Bengkulu.

Share

Tinggalkan Balasan