Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Cari Solusi Pasal Harga Karet Anjlok

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Harga jual komoditas getah karet menurun di wilayah Indonesia terkhusus di Bengkulu yang diakibatkan kurangnya permintaan pasar global. Hal ini diungkapkan Kabid Perkebunan Dinas Tanaman, Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Bickman Panggarbesi.

Sebelumnya, harga gerah karet sempat mencapai Rp 15.000/kg, namun saat ini mengalami anjlok di harga Rp. 6.000 an/kg.

Baca Juga  Pemkot Bengkulu Ulurkan Tangan Bantu Anak Yatim Piatu

“Harga gerah karet saat ini sangat dipengaruhi oleh pasar bebas skala internasional, kurang permintaan produk berbahan dari karet menjadi salah satu penyebab utama turunnya harga,” kata Bickman, Senin (25/9/2023).

Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Cari Solusi Pasal Harga Karet Anjlok

Untuk mengatasi itu, Bickman menjelaskan, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu telah melakukan upaya pendampingan bagi para petani getah karet, agar dapat memperkecil biaya operasional perawatan getah karet.

Baca Juga  Gubernur Bengkulu Resmi Melantik Hidayatullah Sjahid-Zurdi Nata Sebagai Bupati dan Wabup Kepahiang

Misalnya melakukan pembangunan jalan usaha bagi petani getah karet untuk mempermudah akses jalan hingga memperkecil biaya produksi.

“Jadi, selain pembuatan jalan tani, juga bisa dilakukan juga pembagian pupuk gratis sehingga masyarakat tidak beralih ke tanaman yang lain,” tukasnya.(BR1)adv

Share

Tinggalkan Balasan