Kadis Dukcapil Kota Bengkulu Apresiasi Dishub Cabut Traffic Light yang Rusak dan Keropos

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu Apresiasi Pemkot Bengkulu dalam upaya pencabutan Trafic Ligh yang rusak dan keropos dan akan diganti baru pada tahun 2024.

Beberapa tiang lampu lalu lintas (Traffic Light) di persimpangan Kota Bengkulu sudah dicabut oleh dinas perhubungan Kota Bengkulu. Bukan tanpa sebab, itu dilakukan karena lampunya sudah rusak dan tiangnya sudah keropos sehingga membahayakan bila sewaktu-waktu roboh menimpa pengendara atau pejalan kaki.

Salah satu tiang traffic light yang sudah dicabut adalah di simpang Kampung Bali. Di sana ada 2 traffic light yang rusak dan sedang dalam tahap perbaikan secara manual, yakni di simpang dari arah Kampung Kelawi dan simpang dari arah jalan Kalimantan.

Baca Juga  Targetkan Indeks SPBE Meningkat di 2024, Pemprov Bengkulu Siapkan Rencana Aksi

Kadis Perhubungan Kota Bengkulu Hendri Kurniawan mengatakan ada 4 persimpangan di Kota Bengkulu yang kondisi traffic light nya memang perlu diperbaiki. Bahkan rencananya traffic light di 4 persimpangan itu akan diganti dengan yang baru tahun 2024 bila anggaran yang diusulkan dishub dalam APBD 2024 sisetujui.

Empat simpang itu yakni simpang masjid jamik, simpang Panorama, simpang Balai Buntar, dan simpang Kampung Bali. Ini dijelaskan Hendri. Kamis (5/10/23).

“Ada empat titik lampu merah atau traffic light yang kondisinya mengkhawatirkan dan itu sudah kita cicil untuk diperbaiki secara manual. Tapi ada beberapa titik juga yang tidak bisa kita perbaiki lagi dan itu harus dilakukan penggantian secara utuh atau keseluruhan,” jelas Hendri.

Untuk beberapa tiang traffic light yang terpaksa dicabut, kata Hendri karena memang tiangnya sudah dimakan usia alias sudah sangat lama. Bahkan ada yang tiangnya bengkok hampir patah karena ditabrak mobil.

Baca Juga  Pemdes Lubuk Saung Kepahiang, Sukses Salurkan BLT-DD Kepada 64 KK

“Tapi kita sudah melakukan perbaikan-perbaikan dan perawatan. Tiang yang patah sudah kita amankan, dan kita sudah bicarakan dengan pimpinan untuk dilakukan penggantian secara keseluruhan. Kami sudah mengajukan di 2024 untuk pemasangan traffic light yang baru. Seandainya anggaran itu disetujui mungkin di bulan Agustus 2024 sudah mulai bisa dipasang,” kata Hendri.

Dari 4 simpang yang disebutkan tadi, lanjut Hendri total ada 5 tiang yang memang kondisinya perlu diganti.

Hendri juga mengatakan bahwa pihaknya sedang melakukan rekayasa lalu lintas untuk rencana pemasangan traffic light baru di 2 titik yakni di simpang Gereja Kelurahan Tebeng dan simpang Timur Indah dari arah kompi atau RS DKT.

Baca Juga  DPRD Bengkulu Utara Gelar Rapat Paripurna, Sampaikan LKPJ Bupati BU

“Sekarang memang kita sudah melakukan rekayasa lalu lintas untuk rencana pemasangan lampu merah di simpang Timur Indah dan simpang dari arah Kompi. Hasil rekayasa, khusus simpang yang di samping gereja Tebeng memang tidak memungkinkan dipasang trafic light karena jalannya sangat sempit. Solusinya, Arus lalulintas yang di samping gereja dari jam 6-9 pagi khusus jalur masuk. Keluarnya ke arah Sawah Lebar atau keluarnya di samping Bank Safir jalan Merapi 14. Tapi ini masih dalam tahap sosialisasi. Nanti kita rapatkan lagi dengan pihak kepolisian dan pihak-pihak terkait lainnya,” demikian Hendri. (BR1)adv

Share

Tinggalkan Balasan