Kasus Positif HIV Kota Bengkulu Meningkat,Dinkes Imbau Segera Berobat dan Mengisolasi Mandiri

Kasus Positif HIV Kota Bengkulu Meningkat,Dinkes Imbau Segera Berobat dan Mengisolasi Mandiri

Bengkulu,Beritarafflesia.com-Dinas Kesehatan (Dinkes)  Kota Bengkulu mencatat ada sebanyak 102 orang dinyatakan positif mengidap Virus Human Immunodeficiency Virus (HIV) Kota  Bengkulu.

 Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Joni Haryadi Thabrani mengatakan, kasus HIV ini selalu mengalami peningkatan, dan masih menjadi perhatian utama bagi Dinkes Kota Bengkulu sendiri.

“Dari bulan ke bulan maupun dari tahun ke tahun, kasus HIV ini semakin memprihatinkan, karena angkanya sampai 12 September ini mencapai 102 kasus, sedangkan bulan kemarin hanya 93,” kata Joni, Kamis (12/09/2024).

Baca Juga  Kepala Dinkes Kota Bengkulu Joni Haryadi Thabrani: Tingginya Kasus DBD di Bengkulu Disebabkan Faktor Cuaca

Joni juga menerangkan, jika pihaknya akan terus mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Bengkulu, apabila ada masyarakat yang terpapar virus HIV/AIDS, untuk segera berobat dan mengisolasi mandiri, guna mencegah penularan kepada masyarakat lainnya.

“Apabila ada masyarakat yang terpapar, diminta untuk memproteksi dirinya agar tidak menularkan kepada masyarakat lainnya,” terangnya.

Kasus HIV yang terus meningkat di Kota Bengkulu, karena kasus tersebut, hanya bisa dikendalikan namun tidak bisa diobati.

Baca Juga  Maksimalkan Target Sasaran, Dinkes Kota Bengkulu  Gencarkan Jemput Bola Sweeping Imunisasi Polio

“Orang yang sudah terpapar HIV/AIDS, itu tidak bisa sembuh 100 persen, jadi hanya bertahan sesuai dengan imun terhadap orang yang sudah terpapar HIV ini,” kata Joni.

Selanjutnya, Joni menegaskan jika ada masyarakat yang terpapar dan sudah beresiko tinggi, untuk cepat melakukan pemeriksaan baik di RSHD kota Bengkulu, maupun RSMY kota Bengkulu.

“Untuk pemeriksaan sendiri, itu tidak dipungut biaya apapun, dan untuk obatnya juga gratis sudah ditanggung oleh pemerintah,” tegasnya.

Baca Juga  Dinkes Kota Bengkulu Pastikan Puskesmas Tetap Buka Selama Lebaran

Sehingga, dirinya berharap dengan fasilitas yang sudah disediakan oleh pemerintah, agar masyarakat mempergunakan dengan sebaik-baiknya, demi kesehatan.

Berikut data-data kasus HIV/AIDS di Kota Bengkulu sebagai berikut :

– Bulan Juni terdapat 43 kasus

– Bulan Juli terdapat 71 kasus

– Bulan Agustus terdapat 93 kasus

– Bulan September terdapat 102 kasus.(Br1)

Share