Kelurahan Sumur Meleleh Resmi Menjadi Kampung Religi di Provinsi Bengkulu

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Kelurahan Sumur Meleleh resmi menjadi Kampung Religi pertama di Provinsi Bengkulu. Launching kampung religi atau kampung moderasi beragama ini dilakukan oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan, Wakil Walikota Dedy Wahyudi dan Sekda Arif Gunadi.

Hadirnya kampung religi ini demi mewujudkan masyarakat Kota Bengkulu yang religius, berbudaya, beradab, toleran berlandaskan iman dan taqwa.

Kampung ini juga merupakan cerminan dari tatanan kehidupan sosial kemasyarakatan yang berlandaskan nilai nilai agama dan sosial serta budaya masyarakat setempat.

Hal ini juga selaras dengan program Walikota dan Wakil Walikota dalam mewujudkan Kota Bengkulu religius dan bahagia.

Baca Juga  PPKM Level 3 Akan Di Berlakukan, Dispar Himbau Pedagang Jangan Lalai Prokes

Tujuan utama hadirnya kampung ini untuk menciptakan beberapa harapan pemahaman di masyarakat sehingga dalam kehidupan masyarakat yang majemuk,ada rasa saling menghargai dan menghormati perbedaan satu sama lain.

Seperti kita ketahui, kampung religi ialah model kampung yang mengutamakan kolaborasi lintas unsur, lembaga, dan lapisan masyarakat. Tujuannya untuk memperkuat kehidupan masyarakat yang harmonis dalam keragaman, toleran, memperkokoh sikap beragama yang moderat berbasis desa atau kampung

“Religinya itu religi bagi seluruh pemeluk agama. Ada islam, ada nasrani, buddha dan lainnya. Maka nanti masing-masing silakan makmurkan masjidnya, makmurkan viharanya, makmurkan gerejanya, yang jelas suasana itu akan terlihat. Nah kalau semua kita sudah melaksanakan itu, maka insya allah suasana bahagia dan cita-cita kita itu akan tercapai,” ujar Walikota Helmi, Selasa (19/9).

Baca Juga  Helmi Hasan Ajak Warga Muslim Makan-Makan di Masjid At-Taqwa ba’da salat Jumat

Setelah itu, ia berharap berbagai kelurahan lainnya juga dapat melakukan hal yang sama, sehingga Kota Bengkulu religius dan bahagia itu bener-benar terwujud di tengah masyarakat.

Hadirnya kampung religi ini juga membawa bagi Walikota Helmi, yang mana dirinya mendapatkan penghargaan/sertifikat apresiasi dari Kemenag RI sebagai Kepala Daerah yang telah berpartisipasi mendukung program penguatan fungsi penyuluh agama dan pembentukan kampung moderasi beragama. Ini dibuktikan dengan dilaunchingnya kampung religi Kelurahan Sumur Meleleh.

Baca Juga  Bangkitkan Sejarah Lahirnya Sang Saka Merah Putih, Walikota Helmi Bangun Kota Merah Putih di Kenalkan ke BPIP Pusat

Penyerahan dilakukan langsung oleh Seksi Bimas Islam Kemenag Kota Bengkulu H Rolly Gunawan kepada Walikota Bengkulu Helmi Hasan. Penghargaan ini diberikan hanya untuk dua daerah di Provinsi Bengkulu yakni Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Utara.(BR1)adv

Share

Tinggalkan Balasan