Keren! Kota Bengkulu Termasuk Daerah Kualitas Udara Yang Paling Bersih di Indonesia

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Kualitas udara merupakan hal penting bagi manusia. Pasalnya udara yang tercemar akan mengganggu kegiatan dan aktivitas sehari-

Selain itu, kualitas udara yang buruk juga dapat mengganggu kesehatan yang dapat menyebabkan penyakit.

Oleh karena itu udara sangat penting untuk di jaga. Di Indonesia terdapat kota dengan kualitas udara yang paling bersih yaitu Kota Bengkulu.

Kota Bengkulu merupakan salah satu kota dari Provinsi Bengkulu yang ada di Sumatera. Berdasarkan databoks.katadata.co.id indeks kualitas udara di Kota Bengkulu sekitar 11 yang artinya sangat bersih.

Dimana dalam indeks, rentang angka 0-50 menunjukkan tingkat kualitas udara dalam kategori baik.

Artinya tingkat kualitas udara tidak memberikan efek bagi kesehatan manusia dan tidak berpengaruh pada tumbuhan, bangunan, ataupun nilai estetika.

Baca Juga  Membeludak Hari Pertama PPDB MAN 1 Model Kota Bengkulu

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu mengajak seluruh masyarakat untuk menggalakkan aksi penanaman pohon, khususnya di pinggir jalan yang terdapat udara karbondioksida.

Seperti menanam pohon jenis Mangifera indica atau mangga, pohon Ficus benjamina atau beringin, pohon Swietenia mahagoni atau mahoni serta jenis pohon lainnya.

“Kita berharap agar masyarakat terus menggalakkan penanaman pohon, sebab pohon yang ditanam di pinggir jalan merupakan pohon pilihan yang menyerap karbondioksida yang dikeluarkan oleh kendaraan roda dua ataupun roda empat,” ujar Kepala DLH Kota Bengkulu Riduan, Rabu (6/9).

Ia mengatakan, penanaman pohon tersebut dilakukan sebab dapat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat umum dan menjadikan lingkungan Kota Bengkulu ini lebih rindang dan sejuk.

Baca Juga  Verval DTKS Akan Dimaksimalkan Supaya Penerima PKH Tepat Sasaran

Selain itu, ia juga mengimbau agar masyarakat tidak merusak pohon yang ada di pinggir jalan yang ada di kawasan Kota Bengkulu. Hal ini dilakukan, sebab saat ini kualitas udara di Kota Bengkulu setiap hari dalam kondisi baik untuk dihirup oleh makhluk hidup.

Diketahui, berdasarkan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) dengan kategori Sedang memiliki rentang nilai 50 sampai 100, artinya tingkat mutu udara masih dapat diterima pada kesehatan manusia, hewan dan tumbuhan.

Untuk menjaga kestabilan kualitas udara tersebut, baru-baru ini Pemerintah Kota Bengkulu bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melaksanakan penanaman 5.000 bibit pohon di kawasan Kota Merah Putih dalam merayakan HUT Ke-78 RI.

Baca Juga  MPP Bergerak Sasar Kampung Melayu dan Selebar Pasca Liburan Lebaran 

Aksi penanaman pohon tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap lingkungan sesuai dengan tema diusung yaitu ‘Polri Lestarikan Negeri’ penghijauan sejak dini.

“Gerakan ini sebagai bukti kecintaan kita terhadap NKRI, khususnya Kota Bengkulu. Jadi Kota Bengkulu ini kan bagian NKRI, sehingga kita harus wariskan kepada generasi-generasi yang akan datang dengan berbagai kegiatan positif, satu programnya ialah bagaimana melakukan penanaman pohon ini,” jelas Walikota Bengkulu Helmi Hasan.

Dengan adanya penanaman pohon tersebut, sebut dia, diharapkan agar wilayah Kota Bengkulu terus menjadi kawasan yang hijau dan asri serta menghasilkan kualitas udara terbersih.(BR1)

Share

Tinggalkan Balasan