Ketua Komisi I DPRD Prov Beri Dukungan, Jika Musik Col Jadi Kreasi Senam

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Musik Dol merupakan musik tradisional yang menarik. Ia tidak hanya memiliki unsurĀ  irama musik saja tetapi juga memiliki gerakan olahraga.Ā 

Hal terlihat dari gerakan pemain musik Dol yang dengan gerakan bisa menimbulkan suara yang enak untuk didengar dan para pemain bisa secara serentak melakukan pemukulan Dol tersebut.

Disampaikan Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler, S.IP, M.AP bahwa Dol musik tradisional Provinsi Bengkulu bisa menjadi bagian dari olahraga. Salah satunya senam musik Dol bisa dilakukan gerakan dengan mengikuti irama musik Dol.

Baca Juga  Vaksinasi Massal Pulau Enggano, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah Akan Turun Langsung

“Instansi pemerintah, sekolah atau kampus yang bisa menggunakan dj sebagai musik senam, kedepan harus musik Dol menjadi musik untuk melakukan gerakan senam,” ungkap Dempo.

Dempo minta pemerintah serius memperhatikan musik Dol agar menjadi bagian dari kreasi olahraga, seperti melalui surat edaran ke semua instansi pemerintah sekolah dan kampus untuk menjadi musik Dol sebagai musik untuk melakukan senam bersama.

Baca Juga  HUT Provinsi Bengkulu Ke-55: Harapan Mega Sulastri Untuk Kemajuan Lebih Lanjut

“Pemerintah bisa mengeluarkan surat edaran agar musik Dol jadi musik ketikan senam di instansi pemerintah dan sekolah dimulai tahun 2024,” ujarnya.

Selain itu, Dempo juga menyarankan kepada pemerintah agar mengusulkan musik Dol sebagai warisan budaya asli Bengkulu ke Internasional karena hanya Provinsi Bengkulu yang memiliki musik tradisional Dol.

Baca Juga  Gubernur Rohidin: Tugas Penting Partai Politik Ciptakan Demokrasi Sehat Dan Bermartabat

“Musik Dol bisa diusulkan menjadi warisan budaya tak benda Provinsi Bengkulu asli musik tradisional Bengkulu,” terangnya.

Musik Dol dimainkan oleh beberapa orang dengan cara memukul Dol secara serentak. Pemukulan Dol juga pernah dilakukan ratusan orang untuk meraih rekor MURI di Bengkulu.(BR1)adv

Share

Tinggalkan Balasan