Lomba Wisata Tingkat Provinsi Bengkulu, Desa Wisata Rindu Hati Raih Juara 5

Lomba Wisata Tingkat Provinsi Bengkulu, Desa Wisata Rindu Hati Raih Juara 5

Bengkulu Tengah,Beritarafflesia.Com– Dalam rangka Bulan Bakti yang dipelopori oleh Dewan Kerja Ranting (DKR) Kwartir Ranting Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah, melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Gunawan R, S.E., M.M, menghadiri acara malam puncak penganugerahan Desa Wisata Tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2024. Acara ini diselenggarakan di Lapangan Kampung Wisata Kelurahan Kemumu, Bengkulu Utara, pada Jumat (26/07/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Bengkulu, Prof. Dr. Rohidin Mersyah, MMA., beserta jajaran, Kepala Dinas Pariwisata Bengkulu Tengah, Edward Noprin, S.Sos., serta camat, kepala desa, dan tamu undangan lainnya. Kegiatan ini merupakan puncak dari lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu yang telah berlangsung sejak Mei 2024 dengan tema “Lomba Desa Wisata Pengembangan dan Berkelanjutan Provinsi Bengkulu Tahun 2024”.

Baca Juga  Sidak Usai Libur Lebaran, Kakanwil Apresiasi Semangat Kinerja PNS Kemenag Kota

Pada ajang ini, Desa Wisata Rindu Hati dari Bengkulu Tengah berhasil meraih juara kelima se-Provinsi Bengkulu. Kepala Dinas Pariwisata Bengkulu Tengah, Edward Noprin, S.Sos., mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian ini. “Alhamdulillah, dari 100 desa wisata yang mengikuti kontestasi tingkat provinsi tahun 2024, desa wisata kita mendapatkan juara lima. Ini adalah prestasi yang membanggakan,” ujarnya.

Edward Noprin juga menambahkan bahwa perlombaan desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu ini nantinya akan berlanjut ke tingkat nasional. “Perlu diketahui, Kabupaten Bengkulu Tengah pernah mencapai urutan 100 besar dalam ajang perlombaan desa wisata se-Indonesia melalui Desa Wisata Penembang, dari total 4.835 peserta,” jelasnya.

Baca Juga  Sekda Hamka: Peringati Hari Lahir Pancasila dengan Perkokoh Persatuan

Ia berharap desa wisata lainnya di Kabupaten Bengkulu Tengah dapat ikut berkompetisi di perlombaan mendatang. “Desa wisata ini bukan hanya tentang pariwisata semata, tetapi juga mengedukasi dan membawa citra keselarasan, kenyamanan, serta keindahan alam itu sendiri. Pariwisata ini menggandeng ekonomi kreatif dan menghasilkan pendapatan bagi desa serta masyarakat setempat,” tambahnya.

Acara penganugerahan ini diharapkan dapat memotivasi desa-desa wisata lainnya untuk terus mengembangkan potensi yang dimiliki. Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah berkomitmen untuk terus mendukung dan memajukan desa-desa wisata agar dapat bersaing di tingkat provinsi maupun nasional.

Baca Juga  Pemprov Bersama Baznas Salurkan Zakat Untuk 230 Mustahik

Dengan adanya dukungan penuh dari pemerintah dan partisipasi aktif dari masyarakat, diharapkan desa-desa wisata di Bengkulu Tengah dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah. Ajang lomba desa wisata ini juga menjadi sarana untuk memperkenalkan keindahan dan kekayaan alam yang dimiliki oleh Kabupaten Bengkulu Tengah kepada wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kehadiran para pejabat daerah dalam acara tersebut menunjukkan betapa pentingnya peran desa wisata dalam pembangunan daerah. Dukungan dan apresiasi dari pemerintah provinsi dan kabupaten diharapkan dapat mendorong desa-desa wisata untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik dalam setiap ajang kompetisi yang diikuti.(Br1)

Share