Maknai Hari Batik Nasional, Pj Walikota Imbau Jajaran Kenakan Batik Besurek

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Tepat tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Melalui momentum ini, Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi melalui Kadis Kominfo Gitagama Raniputera mengimbau seluruh jajaran Pemkot Bengkulu untuk menggunakan batik.

Imbauan ini sebagai satu upaya melestarikan salah satu budaya atau kekayaan bangsa Indonesia yakni batik.

Seperti kita ketahui, Hari Batik Nasional diperingati sejak ditetapkannya Batik sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity atau Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi yang berasal dari Indonesia oleh UNESCO.

Baca Juga  Unsur Pimpinan DPRD Provinsi Bengkulu Menghimbau Agar Bijak Bermedsos

Batik Indonesia ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009. Dikutip dari laman UNESCO, Batik melambangkan kehidupan manusia mulai awal hingga akhir.

“Kita (Pemkot) memaknai Hari Batik Nasional dengan mengimbau seluruh jajaran agar mengenakan batik tepat pada tanggal 2 Oktober, atau senin besok ,” ujar Gita, Minggu (1/10/2023).

Baca Juga  Warga RT.30 Surati Gubernur, Ajukan Permohonan Inclap Tanah Negara

Untuk spesifiknya, Gita menuturkan tak ada pengharusan menggunakan batik lokal. Namun, dirinya tetap meminta seluruh jajaran menggunakan batik khas Kota Bengkulu yakni “Besurek”.

“Ini kan hari batik nasional, maka seyogyanya dalam penggunaanya kita tak menentukan harus batik lokal. Tapi mengingat Kota Bengkulu ini memiliki ciri khas tersendiri, jadi kami menganjurkan pada tanggal 2 Oktober nanti menggunakan batik ciri khas kita yakni batik besurek,” tutupnya. (BR1)adv

Share

Tinggalkan Balasan