Momen HUT Kota Bengkulu ke-304 2023, Karnaval Batik Kain Besurek Jadi Momentum Kebangkitan UMKM

Momen HUT Kota Bengkulu ke-304 2023,  Karnaval Batik Kain Besurek Jadi Momentum kebangkitan UMKM

Kota Bengkulu, Beritarafflesia.com- Berbagai Macam cara yang di lakukan pemerintah kota (Pemkot) Bengkulu Bersama OPD untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Bengkulu yang ke-304 tahun 2023

Salah satunya kegiatan Karnaval Batik Kain Besurek menjadi momentum kebangkitan UMKM yang ada di Bengkulu. Bagaimana tidak, geliat event ini ditargetkan bisa menghidupkan kembali pengusaha-pengusaha batik besurek yang selama ini terkesan mati suri.

Seperti yang di sampaikan Walikota Bengkulu Helmi Hasan SE Mengungkapkan, Salah satu upaya untuk menghidupkan kembali karnaval batik kain besurek ini, ia mengajak semua pihak harus bersinergi dalam  mempromosikan melalui kegiatan even- even besar.

Baca Juga  Kepemimpinan Helmi-Dedy : Terus Berbuat Kebaikan, Ambulan Milik Pemkot Antar Jenaza Geratis Ke Jambi

” Pada momentum peringatan hari jadi kota Bengkulu yang ke- 304 tahun 2023 ini kita raya kan semeriah mungkin, karena sebelumnya kita sama- sama mengetahui bahwa akibat covid 19  semua kegiatan banyak yang tertunda. Maka dari itu tahun ini sedikit berbeda pelaksanaannya, dengan tujuan untuk meningkatkan produktifitas kain khas Bengkulu tersebut dan meningkatkan UMKM di kota Bengkulu supaya ada kemajuan secara mandiri. Dengan demikian, kain besurek makin diminati dan bisa dikenalkan secara nasional” Ungkap Helmi, pada Selasa (28/2).

Baca Juga  Manfaatkan Kerjasama dengan PMA/PMDN, Pemkot Siapkan UMKM Kota Bengkulu

Dikkatakannya, jadwalnya, karnaval batik akan digelar 9 Maret mendatang mulai pukul 07 : 00 WIB yang diikuti seluruh pelajar TK, SD, SMP hingga OPD Pemkot Bengkulu. Untuk lokasi atau rute karnaval batik start dari Berendo masjid At-Taqwa, Simpang Lima, Soeprapto, Pintu Batu, Pasar Melintang dan kembali lagi ke Berendo.

“Insya allah karnaval batik Hari Jadi ke-304 Kota Bengkulu berlangsung meriah dan juga dapat meningkatkan kecintaan masyarakat pada kain besurek,” ujar Helmi.

Baca Juga  Pelaksanaan Kurban Pemkot Sukses, Warga Dibikin Bahagia

Apalagi saat ini batik kain besurek sudah berhasil menembus pasar internasional. Tentu ini menjadi kebanggan sendiri bagi warga Bengkulu, yang mana batik bermotif arab dan ciri khas bunga rafflesia digemari dan dikenakan khalayak luas.

Di Kota Bengkulu sendiri, generasi-generasi muda diminta melestarikan batik besurek khas Bengkulu. Karena batik besurek memiliki ciri khas tersendiri dan tak ada duanya dibanding batik lain.

Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menegah atau kontak person yang tersedia pada flyer di atas.( dita)

Share

Tinggalkan Balasan