Pemkot Bengkulu Gelar “Car Free Day” untuk Pertahankan Kualitas Udara Terbersih di Indonesia

Bengkulu,Beritarafflesia.com-Salah satu cara untuk mempertahankan kualitas udara terbersih nomor 1 di Indonesia, Walikota Bengkulu Helmi Hasan bersama forkopimda Kota Bengkulu memulainya dengan kegiatan Car Free Day yakni hari bebas kendaraan bermotor, Minggu (17/9/23).

Car Free Day dimulai dengan melakukan kegiatan jalan kaki dari Mapolresta Bengkulu menuju bundaran Fadhilah depan BI, lanjut melintasi jalan Zainul Arifin menuju masjid Jamik atau persis di depan SMPN 1 Kota Bengkulu.

Ikut dalam kegiatan ini Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi, Kapolresta Bengkulu, Kajari Bengkulu, Dandim 0407/Bengkulu, Sekda Arif Gunadi, para asisten, staf ahli, seluruh kepala OPD, camat, lurah, masyarakat dna para pelajar SD dan SMP se-Kota Bengkulu.

Baca Juga  Dukcapil Jelaskan Cara Buat Akta Kematian dan Manfaatnya
Pemkot Bengkulu Gelar Car Free Day untuk Pertahankan Kualitas Udara Terbersih di Indonesia

Helmi mengatakan Car Free Day akan dilakukan setiap hari Minggu atau satu kali seminggu di Kota Bengkulu. Ini adalah salah satu cara untuk mempertahankan prestasi membanggakan yang telah diraih oleh Kota Bengkulu yakni sebagai kota nomor 1 dengan udara terbersih se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Helmi mengajak dan menghimbau seluruh masyarakat Kota Bengkulu untuk sama-sama mempertahankan status tersebut dan juga untuk mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sehingga kegiatan ini diberi nama Car Free Day Stop Karhutla.

Baca Juga  Meskipun Covid, Pemkot Tetap Fokus Terhadap Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

“Informasi bagi seluruh warga Kota Bengkulu tercinta, Alhamdulillah kota kita telah dipilih sebagai kota yang terbersih kualitas udaranya mengalahkan Bogor, Surabaya dan seluruh kota lainnya di Indonesia. Untuk mempertahankan ini, caranya yang pertama jangan ada yang bakar bakar sampah. Yang kedua, memulai kegiatan untuk mengurangi menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Maka hari ini pak Kapolresta telah menginisiasi utk melaksanakan Car Free Day setiap minggu. Insya Allah minggu depan akan bertabur doorprize,” ujar Helmi.

Pemkot Bengkulu Gelar Car Free Day untuk Pertahankan Kualitas Udara Terbersih di Indonesia

Dikatakan Helmi, dengan Car Free Day ini harapannya akan berkurang kendaraan yang berlalu lintas di Kota Bengkulu baik roda dua maupun roda empat. “Mudah-mudahan Kota Bengkulu akan terus menjadi kita dengan kualitas udara terbaik dan terbersih di Indonesia,” kata Helmi.

Baca Juga  Tips Sebelum Melaksanakan Suntik Vaksin COVID-19

Dimulainya Car free Day ditandai dengan dengan menerbangkan balon oleh walikota dan kapolresta. Kemudian dilanjutkan dengan senam bersama masyarakat dan pelajar.

Untuk diketahui, Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai Car Free Day bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor sehingga mengurangi polusi dan bisa menciptakan udara yang bersih.(BR1)adv

Share

Tinggalkan Balasan