Pemkot Bengkulu Siap Ikuti Amanah Presiden RI Terapkan Konsep Kota Hijau 

Pemkot Bengkulu Siap Ikuti Amanah Presiden RI Terapkan Konsep Kota Hijau 

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Presiden Joko Widodo membuka secara resmi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVII di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Selasa (4/6/2024).

Pada kesempatan ini, Presiden membeber tantangan perkotaan dan bagaimana seharusnya konsep pembangunan perkotaan di Indonesia pada masa depan.

Salah satu yang menjadi perhatian Presiden ialah konsep hijau yang semestinya mulai menjadi perhatian kota-kota di Indonesia.

Baca Juga  Gelar Pelatihan dan Pembinaan UMKM Kota Bengkulu

Menurutnya, paradigma kemajuan sebuah kota dilihat dari banyaknya gedung pencakar langit harus mulai diubah. Sebuah kota, dijelaskannya mesti ramah pejalan kaki, ramah disabilitas, ramah pesepeda, ramah perempuan dan anak serta ramah lingkungan.

Pemkot Bengkulu Siap Ikuti Amanah Presiden RI Terapkan Konsep Kota Hijau

“Membangun pedestrian juga mesti menyiapkan pohon sebagai peneduh untuk pejalan kaki, sebab kita ini negara tropis yang panas,” ujar Jokowi.

Kehijauan sebuah kota, kata Jokowi, menjadi aspek penting yang harus mulai diperhatikan oleh pemerintah kota di Indonesia.

Secara terpisah, Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi menyatakan Pemkot Bengkulu siap menjalankan amanah yang disampaikan Presiden yaitu konsep kota hijau yang mana dijelaskannya mesti ramah pejalan kaki, ramah disabilitas, ramah pesepeda, ramah perempuan dan anak serta ramah lingkungan.

Baca Juga  Walikota Bengkulu Tanggapi Terkait Kasus Kekerasan Online, bisa lapor ke WA Saya

“Alhamdulillah, di setiap sudut kota kota sudah ada berbagai taman atau Ruang Terbuka Hijau (RTH). Ini sebagai tempat rekreasi masyarakat, ada taman bermainnya, tempat santai dan fasilitas lainnya,” ujarnya.

Pemkot Bengkulu Siap Ikuti Amanah Presiden RI Terapkan Konsep Kota Hijau

Kemudian, agar terus menjadi kota hijau, Pj Walikota ingin taman-taman dan jalur hijau di seluruh Kota Bengkulu sebagai ruang terbuka publik harus terus dijaga dan dirawat untuk keindahan dan keasriannya.

Baca Juga  Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi Pantau langsung pelaksanaan vaksinasi moderna untuk tenaga kesehatan di 3 puskesmas

“Ini harus kita rawat terus, bunga-bunga dan tanaman jika perlu kita tambah agar tampak rimbun dan cantik. Kita perindah kota ini dengan taman-taman yang hijau,” ungkapnya.

Karena sebagai ibukota provinsi dan kota wisata, keindahan dan kebersihan menjadi penting diperhatikan mengingat Kota Bengkulu memiliki potensi wisata yang menjanjikan.(BR1)

Share