Pemkot Peringati Maulid Nabi 1445 H dengan Melestarikan Kearifan Lokal

Bengkulu,Beritarafflesia.Com- Peringatan maulid nabi 1445 H Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu akan berbeda dari tahun sebelumnya. Peringatan kali ini, Pemkot akan menggelarnya dengan balutan adat Bengkulu.

Maulid nabi tahun ini rencananya akan digelar di Masjid Kota Merah Putih, Selasa (10/10/2023), diawali dengan selawat nabi, kemudian dilanjutkan dengan zikir 2 pesal Bisyahri dan Tanakal (Sarafal Anam), setelah itu belarak jambar uang dan nasi kunyit, merawi 4 batang, doa dan ditutup dengan makan siang 1000 nampan.

Baca Juga  Masyarakat Muba Bangga Berkebaya dan Gambo Muba

“Insya allah jika tak ada perubahan kurang lebih itu rangkaian kita dalam memperingati maulid nabi besar Muhammad SAW 1444 H, dibalut dengan adat Bengkulu,” ungkap Ketua Badan Musyawarah Adat (BMA) Kota Bengkulu Hermen Z, Kamis malam (5/10/2023).

Seperti kita ketahui, Tradisi Jambar Uang dan Sarafal Anam masih melekat di tengah-tengah masyarakat Kota Bengkulu dalam memperingati hari kelahiran atau Maulid Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga  Tim Relawan Cakrabhuana”HM Resmi Dikukuhkan Untuk Pemenangan Cagub Helmi-Muslihan.DS

Kegiatan adat khas Bengkulu (sarafal anam) ini menyanyikan syair pujian terhadap Nabi Muhammad SAW dan lantunan ayat suci yang disertai dengan diiringi alat rebana, khas Suku Lembak di Bengkulu.

Sarafal Anam sendiri merupakan tradisi dan budaya masyarakat adat Lembak Bengkulu yang yang terdiri dari menabuh rebana dengan berzikir, bershalawat memuja-muja Nabi Muhammad SAW. Peringatan tersebut dilakukan sebagai bentuk kecintaan masyarakat terhadap Rasulullah.

Baca Juga  Dinas PUPR Kota Bengkulu Fokus Bangun Insfratruktur Jalan Dan Drainase

Sedangkan tradisi Jambar Uang, ini memiliki makna kebersamaan dan jiwa gotong-royong warga Melayu Bengkulu untuk mewujudkan kesejahteraan masjid sebagai tempat ibadah dan musyawarah bersama.

Tradisi ini turut dikaitkan dengan tradisi asli Bengkulu lainnya yakni Sarafal Anam yang merupakan melantunkan selawat nabi Muhammad SAW disertai tabuhan rebana.(BR1) adv

Share

Tinggalkan Balasan