Penghargaan IGA 2023 Bukti Komitmen Pemkot Bahagiakan Warga Melalui Berbagai Inovasi

Bengkulu,Beritarafflesia.Com- Inovasi yang digalakkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu hingga saat ini semata-mata untuk menghadirkan kebahagiaan di tengah masyarakat.

Begitu juga inovasi yang dilombakan pada lomba Innovative Government Award (IGA) tahun 2023 sehingga Kota Bengkulu mendapatkan penghargaan dengan kategori ā€˜Kota Sangat Inovatifā€™ dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Penghargaan IGA diberikan kepada pemerintah daerah yang dinilai telah melakukan inovasi dalam tata kelola pemerintah dan pelayanan publik.

Sebanyak 221 inovasi Pemkot dinilai bermanfaat, apalagi program unggulan seperti Sistem Layanan Administrasi Warga Elektronik (Slawe) Disdukcapil dan gerakan sedekah 2 ribu.

Hal ini juga yang disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bengkulu Gita Gama saat menjadi narasumber talk show Selamat Pagi Bengkulu RBTV, Kamis (14/12).

Baca Juga  Ā PJ Walikota Resmikan lapanganĀ  Voli di Jembatan KecilĀ 

ā€œInovasi ā€“ inovasi yang digelontorkan itu tujuannya cuma satu, yakni membahagiakan masyarakat untuk mewujudkan Kota Bengkulu religius dan bahagia,ā€ ujarnya.

Meskipun dengan berbagai keterbatasan, Pemkot Bengkulu bersama berbagai stakeholder terus berupaya menghadirkan kebahagiaan di tengah masyarakat melalui berbagai program.

Contohnya seperti Slawe. Program ini dinilai menjadi terobosan terbaik dalam hal pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) warga. Di tahun 2020, aplikasi ini mendapat pengakuan dan apresiasi dari Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arief Fakrulloh waktu itu, bahkan rencananya akan diterapkan di seluruh Indonesia.

Di tahun 2022, Slawe Kota Bengkulu menjadi primadona, karena hampir di setiap kesempatan selalu digaungkan. Hadirnya inovasi SLAWE untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan adminduk dengan mengakses melalui slawe.bengkulu kota.go.id.

Baca Juga  Hasil Survei Biaya Hidup : Nilai Konsumsi Rumah Tangga di Kota Bengkulu Rp7,9 Juta

Selain Slawe, program sedekah 2 ribu yang bukan bersumber dari APBD ini memiliki peran vital dalam membantu masyarakat. Entah itu berupa modal usaha, bantuan untuk orang sakit, membantu siswa tak mampu dan berbentuk lainnya.

Karena kian bermanfaat, Pemkot Bengkulu terus menggalakkan program sedekah 2 ribu agar makin banyak masyarakat yang terbantu. Sehingga visi-misi Kota Bengkulu religius dan bahagia dapat terwujud.

Sementara itu, program lainnya seperti ambulans gratis, BPJS gratis, 1000 jalan mulus dan lainnya juga diharapkan dapat dirasakan masyarakat.

ā€œKita harapkan masyarakat merasakan manfaat berbagai Pemkot Bengkulu, sehingga masyarakat merasakan hadirnya pemerintah dalam keadaaan apapun,ā€ jelasnya.

Baca Juga  Walikota Helmi : Rakyat Ingin Dilayani, Bukan Mendengar Alasan

Sebagai informasi, Penghargaan IGA 2023 diserahkan pada 95 Pemerintah Daerah yang terbagi dalam 11 kategori.

Penghargaan yang dilaksanakan sejak 2007 tersebut merupakan apresiasi pada pemerintah daerah yang telah menerapkan inovasi perbaikan penyelenggaraan pemerintah daerah. Hadir secara hibrida pada kegiatan ini seluruh kepala daerah serta JPT Madya dan Pratama di lingkup Kemendagri.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kembali menggelar acara prestisius yakni Inovative Government Award (IGA) 2023. Acara ini bertujuan untuk mengapresiasi inovasi di sektor pemerintahan daerah ini dihadiri oleh sejumlah tokoh terkemuka, termasuk Pimpinan Kompas selaku anggota Dewan BPIP, Rikard Bagun.(BR1)

Share

Tinggalkan Balasan