Tingkatkan Kualitas Bibit Tanaman, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Siap Bersinergi Dengan BSIP

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Plt Dinas Tanaman, Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Roslama Dewi menyambut baik sinergi antara Balai Pengkajian Tanaman Pangan (BPTP)/Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementerian Pertanian RI dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam rangka penyediaan bibit dan benih serta perkembangan teknologi di pertanian bagi petani.

“Insya Allah dalam waktu dekat BSIP bakal membangun kebun percobaan untuk budidaya bibit dan benih pertanian di lahan Bengkulu Tengah,” kata Rosmala Dewi, Jumat (15/9/2023).

Baca Juga  Sinergi Kelautan: Pemprov Bengkulu Rayakan Pisah Sambut Danlanal
Tingkatkan Kualitas Bibit Tanaman, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Siap Bersinergi Dengan BSIP

Lahan perkebunan ini nantinya dapat menjadi tempat edukasi program unggulan tanaman, kajian tanaman luspa, pengembangan jenis tanaman langkah.

“Ke depan diharapkan menjadi pusat kajian edukasi penting di bidang pertanian bagi mahasiswa, siswa, penyuluh dan masyarakat,” lanjutnya.

Baca Juga  Gubernur Rohidin Resmikan SMP Muhammadiyah Boarding School

Sementara Kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementerian Pertanian RI, Dedi Irwandi mengungkapkan, keberadaan BSIP untuk mendukung program strategis nasional dan program pembangunan wilayah di daerah khususnya di Provinsi Bengkulu.

“Kita siap menfasilitasi dan mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan daya saing dan nilai tambah nilai produk pertanian di kabupaten/kota Bengkulu,” jelas Dedi Irwandi.

Baca Juga  DPRD Provinsi Gelar Rapat, Pembahasan Raperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD TA 2020 secara Virtual

Dia mengugkapkan, selama ini BSIP telah bersinergi dengan Dinas TPHP dalam peningkatan produksi pangan di Provinsi Bengkulu dengan penyebaran benih bibit unggul yang bersertifikat bagi petani.

“Ke depan kita berharap pemerintah Provinsi Bengkulu dapat memberikan hibah lahan untuk pengadaan benih bibit unggul yang bersertifikat seperti tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan,” tukasnya.(BR1)adv

Share

Tinggalkan Balasan