Wakil Bupati Lebong Hadiri Workshop Membangun Sinergisitas dan Strategi Penurunan Kemiskinan

Wakil Bupati Lebong Hadiri Workshop Membangun Sinergisitas dan Strategi Penurunan Kemiskinan

Lebong,Beritarafflesia.Com-Wakil Bupati Lebong Drs. Fahrurrozi M.Pd hadiri Workshop untuk membangun sinergisitas dan strategi antara para pihak, untuk dapat memformulasikan konsep kebijakan penanggulangan kemiskinan daerah serta mendorong reformulasi ADD DBH SDA di Kabupaten Lebong. dihadiri Wakil Bupati Lebong Drs. Fahrurrozi, M. Pd., Selasa 11/6/2024 bertempat di Aula Hotel Pangeran Kabupaten Lebong.

Workshop ini mengambil tema “Mendorong Inovasi Kebijakan Program Penurunan Kemiskinan Daerah Berbasis Tata Kelola SDA yang Adil, Inklusif dan Berkelanjutan”.

Baca Juga  Miris! Sopir Angkot Di Lebong Lecehkan Pelajar Penyandang Disabilitas

Dalam sambutan pembuka dalam acara ini disampaikan Erwin Basrin dari Akar Global Inisiatif, bahwa tujuan workshop yang dilaksanakan pada hari ini adalah guna untuk mengumpulkan berbagai pemangku kepentingan yang terdiri dari pemerintah, akademisi, praktisi, serta masyarakat. Sehingga berbagi ide dan pengalaman dalam rangka menciptakan solusi inovatif untuk pengentasan kemiskinan di suatu daerah.

“Workshop ini bertujuan agar dapat menghasilkan strategi yang aplikatif dan berkelanjutan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin di Kabupaten Lebong,” pungkas Erwin.

Maka dari itu kita mengajak para peserta workshop ini untuk berbagi pengalaman dan ide-ide serta inovasi yang tujuannya untuk menemukan solusi kreatif yang dapat diaplikasikan dalam konteks lokal. Contohnya inisiatif kewirausahaan sosial yang menggabungkan keuntungan ekonomi dengan dampak sosial positif.

Baca Juga  Kadis Kominfo Hadiri Launching Call Center 112 Mewakili Pemkab Lebong

“Selain itu mungkin kita bisa mulai bagaimana mendorong Dana Bagi Hasil (DBH) sebagai bagian usaha kita untuk pengentasan kemiskinan,” bebernya.

Di hari bersamaan, Wakil Bupati Lebong, Drs. Fahrurrozi M.Pd menyampaikan kerja sama dan dukungan dari Akar Global Inisiatif merupakan kolaborasi yang sangat strategis. Menurutnya, dengan menjalin kemitraan yang kuat berbagai pihak dapat saling mendukung dan melengkapi dalam upaya pengentasan kemiskinan terutama di wilayah Kabupaten Lebong.

Baca Juga  Nikah Tanpa Izin Istri Sah, Anggota DPRD Lebong Dipanggil Penyidik Polda Bengkulu

Sebab menurut pandangan kami, salah satu upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintahan Lebong adalah program MT II (Musim Tanam Kedua) yang tujuannya untuk meningkatkan produktivitas pertanian melalui optimalisasi penggunaan lahan pada musim tanam kedua.

“Dengan program ini terjadi peningkatan hasil panen di musim tanam kedua dan pendapatan petani meningkat sehingga kesejahteraan mereka terjamin,” jelas Wabup Lebong.(Br1)

Share