Cuaca Ekstrem, DLH Kota Bengkulu  Evakuasi Pohon Tumbang Tutup Akses Jalan

Cuaca Ekstrem, DLH Kota Bengkulu  Evakuasi Pohon Tumbang Tutup Akses Jalan

Bengkulu, Beritarafflesia.Com – Cuaca ekstrem yang menyelimuti Kota Bengkulu, Sabtu (6/7), membuat pohon-pohon di berbagai sudut kota tumbang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu Riduan turut turun ke lokasi mendampingi tim yang mengevakuasi pohon-pohon yang tumbang.

“Ya, tim pertamanan LH langsung berpencar dan langsung mengevakuasi pohon-pohon yang tumbang seperti di jalan Sadang, Kelurahan Lingkar Barat dengan menggunakan chainsaw dan peralatan lainnya,” ungkap Riduan.

Baca Juga  DLH Bengkulu Utuskan 75 Petugas Kebersihan Selama Festival Tabut 

Pada kesempatan ini, Riduan juga mengingatkan kepada seluruh warga agar berhati hati, karena cuaca ekstrem menyelimuti Kota Bengkulu dalam beberapa hari ke depan.

“Ya, kita minta warga agar berhati-hati, karena tak hanya pohon yang besar, pohon yang kecil pun juga banyak tumbang,” jelasnya.

Baca Juga  DLH Kota Bengkulu Imbau Masyarakat Waspada  Pohon Tumbang 

Sebelumnya, ia mengatakan pihaknya telah melakukan pemangkasan dan perawatan pohon sejak bulan Januari. Ia menjelaskan hal ini dilakukan sebagai bagian dari mitigasi dan fokus DLH Kota Bengkulu saat ini, yaitu melakukan pemangkasan pohon yang telah mencapai ketinggian tertentu sehingga berpotensi membahayakan.

Selain itu, pemangkasan lakukan dengan mempertimbangkan usia pohon. Pasalnya, sebagian besar pohon rawan tumbang di kota Bengkulu berada di dekat pemukiman warga dan tepian jalan. Pihaknya hanya melakukan pemangkasan dan perawatan terhadap pohon, bukan melaksanakan penebangan.

Baca Juga  DLH Kota Bengkulu Kerahkan 327 Personel Bersihkan Sampah Usai Idul Fitri

DLH kota Bengkulu mengimbau seluruh masyarakat untuk melaporkan ke DLH Kota Bengkulu jika terdapat pohon milik pemerintah daerah berpotensi tumbang.(BR1)

Share