Pilkada 2024: KPID Bengkulu Imbau Lembaga Penyiaran Sajikan Informasi yang Berimbang dan Aktual

Pilkada 2024: KPID Bengkulu Imbau Lembaga Penyiaran Sajikan Informasi yang Berimbang dan Aktual

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Menjelang Pilkada serentak pada 27 November 2024, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bengkulu mengimbau kepada seluruh media dan lembaga penyiaran di daerah untuk menyajikan informasi yang berimbang dan aktual selama proses pemilihan.

Ketua KPID Bengkulu, Albertce Rolando Thomas, mengatakan bahwa media memiliki peran penting sebagai wadah informasi yang dibutuhkan masyarakat. Ia menekankan bahwa media tidak hanya bertugas menyampaikan berita, tetapi juga harus mengedukasi publik dan memberikan pendidikan politik yang konstruktif.

Baca Juga  Rayakan Hari Jadi Ke-6, Komunitas Kijang Super Chapter Rafflesia Kumpul di Balai Raya Semarak Bengkulu

“Dalam setiap penayangan, kami berharap media tetap memperhatikan kode etik jurnalistik agar masyarakat dapat membuat penilaian yang tepat dalam menentukan pilihan mereka saat hari pencoblosan,” ungkapnya, Kamis (19/09/2024) kemarin. 

Albert menambahkan bahwa sangat penting bagi media untuk menghindari penyebaran berita hoaks atau informasi yang belum terverifikasi. Penyebaran informasi yang tidak valid dapat menimbulkan polemik di masyarakat, yang pada gilirannya dapat merusak suasana demokrasi yang sehat. Oleh karena itu, KPID menghimbau agar setiap lembaga penyiaran lebih selektif dalam menyajikan berita.

Baca Juga  Rakor Lintas Sektoral Operasi Lilin Nala 2021, Gubernur Bengkulu: Masyarakat Wajib Ikuti Disiplin Prokes

Dalam kesempatan ini, KPID juga mengingatkan semua pihak untuk bersama-sama menjaga integritas dan kredibilitas informasi yang disampaikan kepada publik. Masyarakat perlu mendapatkan informasi yang akurat dan berimbang agar mereka dapat membuat keputusan yang bijak saat menggunakan hak pilihnya.

Baca Juga  PSI Bengkulu Mencari 10 Sosok Pemuda Terbaik Untuk Memimpin 10 DPD Di Daerah

Dengan demikian, harapan KPID adalah agar semua media di Bengkulu dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan baik, terutama menjelang Pilkada yang semakin dekat.(Br1)

Share