Jadi Inspirasi, Yogi Permadani Gagaskan Peran Pemuda Melenial Di Era Pandemi

Kegiatan seminar Motivasi Pemuda yang digagas Gerakan Pemuda Rafflesia Bengkulu di Wings Cafe dan Resto Bengkulu

BENGKULU,Beritarafflesia.com- Saat ini usia bukan lagi patokan untuk menilai kesuksesan seseorang. Dari hari ke hari, di Era semangkin canggih  banyak anak muda yang berhasil mewujudkan sukses dalam wira usaha di berbagai bidang.

Sebagai pendiri sekaligus Ketua Himpunan Pengusaha Muda Kabupaten Bengkulu Selatan, Yang juga menjabat sebagai ketua partai PSI Bengkulu Yogi Permadani mengatakan, organisasi  ini dibentuk untuk menunjukkan kiprah pemuda di Bengkulu. Berlatar belakang sebagai investor muda, Ia mendorong para pemuda yang memiliki jiwa kreatif untuk dapat membangun sebuah arah krusial membangun daerah.

“Selebihnya gagal saat mencoba,” papar Yogi dalam Seminar Motivasi Pemuda yang digagas Gerakan Pemuda Rafflesia Bengkulu di Wings Cafe dan Resto Bengkulu pada,  Minggu (5/9/2021) sore

Namun demikian Yogi  juga membagi cara yang  harus di lakukan untuk mewujudkan kesuksesan.yakni, langkah pertama yang harus dilakukan untuk menjadi pengusaha muda yakitu menentukan subjek.

Baca Juga  Penyerahan LPKD TA 2020, Gubernur Rohidin Optimis Pemprov Kembali Raih Opini WTP Dari BPK

“Mau jadi pengusaha apa? Subjek harus jelas,dan bermanfaat” Jelasnya.

Dikatakan Yogi, Untuk langkah berikutnya ialah melakukan riset, melihat siapa yang menjadi pesaing produk yang dihasilkan lalu melakukan percobaan dan menemukan peluang.

“Kita lihat siapa pesaingnya, sudah banyak apa belum, baru kita melakukan percobaan dan menemukan peluangnya,” kata Yogi.

Langkah terakhir yakni diversifikasi dan uji pasar. Pada langkah ini, calon pengusaha muda diharapkan mampu menciptakan produk yang berbeda baik dari segi kualitas maupun harga.

Iapun menambhakan, lahirnya gerakan ini dipicu oleh lemahnya peran kepemudaan di Bengkulu, terlebih saat pandemi COVID-19 mewabah di Bengkulu.

“Latar belakang terbentuknya organisasi ini berawal dari kegelisahan kita terhadap diamnya pemuda di Provinsi Bengkulu. Kita ada tapi dikatakan tidak ada, karena kita tidak pernah bergerak. Kita hanya menunggu perubahan. Harapan saya gerakan ini dapat menjadi motor perubahan yang memicu semangat pemuda untuk bergerak. ” Pungkas Yogi.

Baca Juga  Atasi Penyebaran Hoax, Pemkot Gelar Sosialisasi ke Masyarakat Tentang Penggunaan Medsos

Sementara itu berlatabelakang sebagai pionir pemuda Bengkulu, pengurus Gerakan Pemuda Rafflesia Bengkulu resmi dikukuhkan, yang terdiri dari bebrapa orang pengurus yakni Ketua Umum Topan Alvy Nicholas, Wakil Ketua Alvis Sharin dan Enji Shanti serta Ayuna Ningsih, Sekretaris Umum Bondang Jasindu dan M Abdul Rasyid, Bendahara Melni Puspita dan Ahmad Jamil.

Ketua Gerakan Topan Alvy Nicholas saat diwawancarai mengatakan, gerakan ini bertujuan untuk menghimpun pemuda dari berbagai latarbelakang sosial dengan satu motivasi mencapai kesuksesan bersama.

Alvy melihat kondisi pemuda Bengkulu yang saat ini masih senyap dalam aktivitas dan pergerakan yang berkontribusi untuk daerah, sehingga pihaknya berinisiatif membuat satu pergerakan dengan satu komunitas sebagai wadah bersama untuk mencapai kesuksesan.

Sebagai langkah awal, kata Alvy organisasi ini akan mengukuhkan pengurus hingga tingkat daerah yang ada di Provinsi Bengkulu,Bahkan dirinya  berharap hingga ke seluruh provinsi yang  ada di Indonesia.

Baca Juga  Peringati Jasa Pejuang, Jelang HUT RI Pemprov Gelar Silaturahmi Bersama 145 Veteran

“Ini salah satu modal pergerakan, agar pemuda di Bengkulu dan di nusantara memiliki satu tujuan yakni berkolaborasi membangun daerahnya sehingga para pemuda tidak terkesan senyap dan tanpa memiliki kontribusi apa-apa,” terang  Alvy.

Selanjutnya, setelah dikukuhkan pihaknya sendiri akan langsung melakukan pergerakan awal dengan kegiatan sosial dan memberdayakan UMKM yang terkena dampak pandemi COVID-19 saat ini sehingga dengan kegiatan tersebut dapat meringkankan para pelaku UMKM dan masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi rendah.

Ditempat yang sama di sampaikan Penasehat Gerakan Pemuda rafflesia Fauzan mengatakan, organisasi ini berfungsi untuk menghimpun pemuda dan organiasi di Bengkulu untuk menunjukkan eksistensi yang produktif.

“Semua kalangan baik itu mahasiswa, pemuda dan beberapa organisasi lain bisa bergabung untuk menuju arah produktif serta memajukan ekonomi Provinsi Bengkulu,”Tutup Fauzan.(Ard)

Share

Tinggalkan Balasan