Tingkatkan Kapasitas dalam Pemberdayaan, PSM DPMD Ikuti ToT Literasi Digital Sektor Pemerintah

Tingkatkan Kapasitas dalam Pemberdayaan, PSM DPMD Ikuti ToT Literasi Digital Sektor Pemerintah
Bengkulu,Beritarafflesia.com-Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Kemendes PDTT RI menyelenggarakan Training of TrainerĀ  (ToT) Literasi Digital Sektor Pemerintah bagi Jabatan Fungsional (JF) Penggerak Swadaya Masyarakat Provinsi BengkuluĀ  pada tanggal 14 Juni s.d 16 Juni 2022 di Hotel Mercure.

Peserta ToT Literasi Digital ini adalah pemangku JF PSM yang terdiri dari JF PSM Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Tertinggal dan Transmigrasi (BPPMDTT), JF PSM Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Bengkulu, JF PSM Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu serta JF PSM Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkulu Tengah.

Baca Juga  Lakukan Audiensi,komisi IV DPRD Bengkulu Perjuangan Nasib PTT dan FGPPNS

Pada sambutannya, Direktur Pemberdayaan Informatika, Niki Maradona mengatakan bahwa keberadaan PSM sangat membantu Kominfo dalam melaksanakan pemberdayaan dan literasi digital.

ā€œTantangan di ruang digital semakin besar, konten-konten negatif terus bermunculan dan kejahatan di ruang digital terus meningkat. Menjadi kewajiban kita bersama untuk meningkatkan kecakapan digital masyarakat melalui literasi digital,” sebut Niki Maradona.

Niki Maradona juga berharap dengan dilaksanakannya ToT Literasi Digital Sektor Pemerintah, JF PSM dapat turun langsung dalam membantu pemberdayaan masyarakat guna meminimalisir konten negatif dan membanjiri ruang digital dengan konten positif.

Baca Juga  Dempo Xler; TugasĀ  Seorang Legislatif itu Yakni Berbicara Mewakili Rakyat

Pada ToT Literasi Digital Sektor Pemerintah ini, peserta dibekali pengetahuan tentang Etika berkomunikasi di Dunia Digital, Etika Bertransaksi Online, Membuat Konten serta Pemanfaatan Media Sosial untuk Pemerintah, Pengetahuan dan Pemanfaatan Emerging Technology, Berbudaya Digital untuk mencegah Konten Negatif, Management Platform untuk Meeting Online, serta Perlindungan Perangkat dan Data Pribadi di Platform Digital.

Materi-materi ToT disampaikan oleh Konsultan Digital Cahyo Edhi Widyatmoko dan Tri Hardiyanto Sasongko.

Menurut Septi Eriana, salah satu PSM DPMD yang menjadi peserta, materi yang disampaikan sangat relevan dengan pelaksanaan tupoksi PSM dalam melaksanakan pemberdayaan masyarakat desa melalui penggerakan keswadayaan masyarakat untuk mencapai kemandirian yang berkelanjutan.

Baca Juga  Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu Minta Pemerintah Cepat Tanggap Mengenai Infrastruktur Jembatan Dipulau Enggano

Nopi Olianti, peserta lain dari DPMD, juga menyatakan hal senada. Menurutnya PSM yang mengikuti ToT sangat antusias dengan materi yang disampaikan.

Dia berharap dengan dilaksanakannya ToT Literasi Digital Sektor Pemerintah ini, dapat membantu PSM untuk terjun langsung mendampingi masyarakat desa dalam pemberdayaannya di zaman digital sekarang ini, dengan memberi informasi-informasi positif bagi masyarakat pada umumnya dan masyarakat perdesaan khususnya dalam peningkatan Ekonomi, Budaya dan SDM.(adv)

Share

Tinggalkan Balasan