DPK Dorong Akreditasi Perpustakaan di Bengkulu

Bengkulu,Beritarafflesia.Com- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu mendorong agar seluruh perpustakaan yang ada di Bumi Raflessia ini dapat terakreditasi.

DPK Dorong Akreditasi Perpustakaan di Bengkulu

Terlebih saat ini melalui transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, menandakan jika perpustakaan salah satu solusi cerdas dalam upaya pemulihan ekonomi di tengah-tengah masyarakat.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd mengatakan, perpustakaan yang ada di Provinsi Bengkulu ini, masih dibawah nol koma yang sudah terakreditasi.

Baca Juga  Bengkulu Gelar Diklat Keselamatan Laut untuk Nelayan Tradisional

“Jadi kita berharap agar perpustakaan-perpustakaan yang ada, seperti kabupaten/kota dan SMA/SMK sederajat dapat mengurus akreditasi,” ungkap Meri Sasdi.

Diharapkan, lanjut Meri Sasdi, melalui workshop akreditasi perpustakaan yang digelar Perpustakaan Nasional (Perpusnas) ini, nantinya perpustakaan yang terakreditasi di Provinsi Bengkulu meningkat.

Baca Juga  Kemenkes RI Deteksi Omicron BA.4 Dan BA.5, Dedy Wahyudi : Mudah-Mudahan Virus Ini Tidak Masuk Kota Bengkulu

“Akreditasi ini penting, karena salah satu faktor yang berpengaruh ketika kita ini mengembangkan perpustakaan,” kata Meri Sasdi, Senin (15/5).

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas RI, Dr. Adin Bondar, S.Sos, M.Si mendorong agar perpustakaan di Provinsi Bengkulu dapat menerapkan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) dalam menyelenggarakan dan mengelola perpustakaan. Caranya dengan memberikan sosialisasi dan edukasi.

Baca Juga  Simak Ini Ciri-Ciri Modus Penipuan Online Shop di Instagram

“Selain itu juga melakukan praktek self assessment dalam pengisian instrument akreditasi perpustakaan revisi terbaru. Perpustakaan berkualitas mampu memberikan layanan prima kepada pemustaka. Indikator layanan prima diantaranya adalah kepuasan pemustaka, pengakuan formal dan peningkatan berkelanjutan,” demikian Andin. (Adv)

Share

Tinggalkan Balasan