Kemenkeu Bengkulu Libatkan UMKM Binaan di Festival Tabut 2024

Kemenkeu Bengkulu Libatkan UMKM Binaan di Festival Tabut 2024

Bengkulu,Beritarafflesia.Com- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Satu Bengkulu, dalam upaya mendukung dan memberdayakan UMKM agar berkembang dan naik kelas, turut menghadirkan para pelaku UMKM binaannya untuk berpartisipasi di ajang tahunan Festival Tabut 2024. 

Kepala Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu, Bayu Andy Prasetya, mengatakan bahwa satu stand booth Ekraf Kemenkeu Satu, tepatnya pada lokasi Booth B13, dijadikan tempat bagi para pelaku UMKM binaan Kemenkeu Satu Bengkulu untuk menjajakan produk andalannya agar lebih dikenal luas di masyarakat.

“Pada Festival Tabut 2024 ini, kami menghadirkan 9 pelaku UMKM binaan Kemenkeu Satu Bengkulu yang terdiri dari Wakul Ledy, Rumah Babe, Berkat Argo Nusantara, Kedai Bar-bar, Basreng Aa, D’jamuin Aja, Armada Kafe, Rafflesia Keyzee, dan Dapoer Mertuo,” ujar Bayu Andy Prasetya. 

Kesembilan pelaku UMKM tersebut hadir dalam menyemarakkan bazar dengan menjajakan produk andalan seperti Sirup Kalamansi, Jahe Merah kemasan, Susu Yogurt, jamu rempah kunyit asam, Baso Goreng (Basreng), dan produk unggulan lainnya.

Bayu menambahkan bahwa Kemenkeu Satu Bengkulu selalu berkomitmen dalam memajukan UMKM dengan mengikutsertakan berbagai event, baik event yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan seperti Bazar UMKM Kemenkeu Satu yang dilaksanakan dua kali dalam setahun maupun event lain seperti Festival Tabut 2024 kali ini. 

“Kami berharap keikutsertaan para pelaku UMKM binaan Kemenkeu Satu di Festival Tabut dapat memperkenalkan produk-produk mereka kepada masyarakat luas, baik masyarakat Bengkulu maupun dari luar daerah, karena Festival Tabut merupakan event nasional,” jelasnya.

Berdasarkan evaluasi pelaksanaan selama tiga hari, respon pengunjung bazar cukup antusias dengan kehadiran para UMKM ini, yang tercermin dari omzet harian yang cukup bagus. Selain kenaikan omzet, melalui kegiatan ini juga diharapkan UMKM binaan Kemenkeu Satu Bengkulu dapat menambah pengalaman melalui berbagai program edukasi yang dilaksanakan selama event dan juga melalui sharing dengan pelaku UMKM lainnya.

“Mari dukung UMKM semakin maju dan naik kelas demi perekonomian Bengkulu yang lebih baik dengan mengunjungi stand UMKM Kemenkeu Satu,” demikian Bayu.

Festival Tabut adalah sebuah perayaan tahunan yang diadakan di Provinsi Bengkulu untuk memperingati peristiwa Asyura, yaitu peristiwa syahidnya cucu Nabi Muhammad SAW, Husain bin Ali, di Karbala. Festival ini biasanya berlangsung dari tanggal 1 hingga 10 Muharram dalam kalender Islam. 

Tahun ini, Festival Tabut 2024 kembali digelar dengan rangkaian acara yang dimulai pada tanggal 6 hingga 16 Juli 2024 di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu. Salah satu acara yang melibatkan para pelaku UMKM adalah Bazar UMKM yang diadakan di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu.(BR1)