Mengukir Prestasi,Siswa SMAN 4 Bengkulu Berhasil Luncurkan 6 Buku Karya Sendiri

SMAN 4 Bengkulu saat gelar Lounching 6 Buku Antologi Puisi hasil Karya Sendiri

Bengkulu, Beritarafflesia.com –  Suatu kebanggaan yang di raih Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 04 Bengkulu.Bayangkan siswa-siswinya berhasil meluncurkan 6  Buku Antologi puisi hasil karya siswa- siswi yang berprestasi, sekaligus di lounchingkan pada selasa pagi ( 27/8/2024) bertempat di lapangan SMAN 04 Bengkulu

Keberhasilan Siswa SMAN 04 Bengkulu ini menjadi kebanggan semua dewan guru,,terutama pemerintah Provinsi yang memiliki siswa- siswi kreatif, cerdas dan inspiratif dalam berkarya.

Dengan adanya gerakan literasi di sekolah SMAN 04 Bengkulu ini, tak menyurutkan semangat para siswa dan guru untuk mengikuti kegiatan Launching 6 Buku Antologi yang di beri tema tentang puisi guru dan siswa SMAN 4 Bengkulu.

Dalam sambutan Kepala sekolah SMAN 4 Syariful Maliki mengungkapkan, Kegiatan lounching 6 Buku Antologi puisi Guru dan Siswa- Siswi ini merupakan buku perdana yang berhasil diterbitkan, yang digagas oleh tim Gerakan Literasi Sekolah (GLS) SMAN 04 Bengkulu, sebagai rangkaian dalam  kegiatan Pelatihan Literasi “Kreasi dan lnovasi Literasi di Lingkungan SMA Negeri 4  Bengkulu.

Baca Juga  Pemprov Bengkulu Lepas Keberangkatan Mahasiswa ‘Calon Dokter’ ke Enggano

” Alhamdulilah pada tahun ajaran 2024 ini, sekolah SMAN 4 Bengkulu sudah berhasil menerbitkan 6 Buku Antologi Antologi yang bertema tentang puluhan puisi terbaik karya siswa dari perwakilan tiap kelas, guru, serta staf Tata Usaha yang bertemakan ‘Kehidupan’. Puisi yang disusun dengan gaya bahasa masing-masing penulisnya. Sehingga dalam penulisan tersebut mencirikan ciri khas dan pengalaman hidup yang dialami oleh keluarga besar SMAN 4 Bengkulu” Ungkap  Syariful Maliki

Ia menambahkan, Literasi kali ini berbeda dari minggu sebelumnya, lantaran  dilakukan di kelas masing- masing, namun kali ini dilakukan secara serentak bagi siswa kelas X dan XI di lapangan SMAN 4 Bengkulu.

Kendati demikan, Kepala sekolah SMAN 4 Bengkulu ini bersama para Guru pendidik merasa bersyukur dan bahagia dan memberi Apresiasi kepada seluruh Siswa- Siswi SMAN 4 Bengkulu atas prestasi yang mereka miliki.

” Saya bersama dewan Guru sangat bahagia, karena telah berhasil meluncurkan sebuah buku antologi puisi karya anak SMA Negeri 4 Bengkulu yang terdiri dari enam buku puisi Edisi ke -15.  “Suatu kebanggan tersendiri bagi kami di SMAN 4 Kota Bengkulu dapat meluncurkan sebuah buku antologi puisi ini.” Tuturnya.

Baca Juga  Dongkrak Geliat Ekonomi UMKM, Pemprov Bengkulu Keluarkan Kebijakan Strategis Penyaluran KUR

Lebih lanjut menurut Syariful Maliki” Buku-buku yang terbit ini menjadi bukti nyata semangat dan dedikasi para siswa- siswi  dalam mengembangkan kemampuan literasi mereka. Dengan tema yang mengangkat kasih sayang ibu, para penulis muda sehingga berhasil menyajikan berbagai cerita dan puisi yang mengharukan serta memukau para pembaca.” Tutupnya

Hermanto, Spd yang merupakan Guru SMAN 4 Kota Bengkulu menyampaikan rasa bangga memiliki siswa- siswi  yang mempunyai kemampuan literasi dasar berbahasa,  membaca dan menulis. Karna tulisan  merupakan pintu utama bagi siswa untuk mengembangkan bahasa dalam penulisan  secara lebih luas.

Maka dalam rangka menggalakkan program pemerintah di dunia pendidikan ini, pihak SMAN 4 Kota Bengkulu terus membangun program berinovasi. Karena Literasi tidak hanya sekedar membaca, namun untuk menghasilkan sebuah karya, pihak SMAN 4 Bengkulu mengefektifkan program yang memacu motivasi seluruh siswa-siswi sekolah.

” Agar terus berkarya dalam membuat karya tulisan. Tim literasi SMAN 4 Bengkulu berharap literasi sekolah tidak hanya sekedar terlihat dari simbol-simbol fisik belaka seperti pojok literasi dan mading. Tapi juga membutuhkan Peningkatan literasi yang harus dibuktikan dengan karya dan aksi nyata, sebagai gerakan dalam meningkatkan literasi di SMAN 4 Bengkulu” Ujar Hermanto

Baca Juga  Dukung Petani Semakin Maju,Gubernur Bengkulu Serahkan Bantuan Saprodi Insektisida kepada Kelompok Tani di Kab.Muko-Muko

Ia Melanjutkan” Kebahagian bagi kami telah berhasil meluncurkan buku antologi puisi edisi ke -15. sebanyak enam buku. “Semoga ini menjadi langkah awal untuk penulis-penulis muda, yang ingin berkarya. Diharapkan kedepannya setiap anak siswa- siswi dapat menerbitkan buku sendiri. Begitupun dengan kami dan Ibu guru serta karyawan SMA Negeri 4 Bengkulu supaya bisa melahirkan karya-karyanya dalam menerbitkan buku.” demikian pungkas Hermanto Spd.

Diketahui, Acara Lounching 6 Buku Puisi ini berlangsung sukses, dan meriah. karena diawali dengan pengantar tentang literasi yang disampaikan oleh Kepala sekolah SMAN 4 Bengkulu Syariful Maliki, M. Pd, terkait informasi  bahua kembali hadir enam buku puisi yang di gagaskan siswa kelas XI dan guru SMAN 4 Kota Bengkulu.demikian.: (Hendri)

Share