Upaya Tingkatkan Minat, Batik Besurek Khas Bengkulu Terus Kembangkan Motif

Bengkulu, Beritarafflesia.com.-Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober 2024 ini, Batik Besurek Bengkulu banyak diminati dan terbanyak peminatnya berasal dari Malaysia dan Singapura.

“Alhamdulillah, peminat batik besurek semakin banyak, bukan hanya dari kalangan usia 30-40 tahun saja, tetapi juga dari anak muda. Ini berkat inovasi produk yang kami tawarkan, mulai dari kemeja, jaket, hingga blus-blus yang kekinian,” ungkap Berta Wulandari saat diwawancarai di Oase Gallery, pada Rabu (02/10/2024).

Baca Juga  Panggil Atlet Tanpa Seleksi, FORKI Bengkulu Diprotes Perguruan Karate

Batik Besurek tidak hanya populer di dalam negeri, tetapi juga telah menembus pasar luar negeri. 

“Alhamdulillah, produk kita sudah dipasarkan ke luar kota seperti di Jakarta, Lombok, Aceh, bahkan ke luar negeri seperti Singapura dan Malaysia, Kami juga sempat mengikuti expo di Malaysia dan sudah sering mengekspor ke beberapa negara,” jelas Berta.

Dalam upaya meningkatkan minat, Berta menyebutkan bahwa inovasi terus dilakukan, terutama dalam pengembangan motif. 

Baca Juga  Sinergi, Polri & Staff Khusus Presiden RI Lakukan Vaksinasin Serentak Di seluruh Pesantren Di Indonesia

“Batik Besurek memiliki tujuh motif utama seperti burung kuau, relung paku, kaligrafi, rembulan, pohon air, bunga ceria, dan mlanding. Kami kembangkan motif ini dengan menambahkan unsur bunga Raflesia dan kaligrafi, serta menciptakan pola yang tidak terlalu rapat,” tambahnya.

Selain itu, Berta juga menyampaikan bahwa kolaborasi antara motif batik dengan tenun atau bahan polos lainnya semakin menambah daya tarik batik ini bagi berbagai kalangan, terutama anak muda yang ingin tampil modern namun tetap menghargai unsur tradisional.

Baca Juga  Wagub Rosjonsyah Sidak Ke RSUD M.Yunus Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Pada momen Hari Batik Nasional ini, Berta berharap pemerintah dan masyarakat semakin mendukung keberadaan Batik Besurek. 

“Alhamdulillah, batik sudah menjadi pakaian resmi untuk berdinas. Harapannya, sektor pariwisata juga dapat mendukung dengan membawa Batik Besurek ke galeri-galeri batik di Bengkulu, agar semakin berkembang dan membuat generasi muda semakin mencintai batik,” tutup Berta Wulandari. (ida)

Share