Sadarkan Masyarakat, Bengkulu BISA Akan Diaktifkan Lagi

Bengkulu,Beritarafflesia.com – Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi sadar betul masih banyak masyarakat yang buang sampah sembarangan. Terlihat siring atau drainase masih banyak tersumbat sehingga mengakibatkan banjir.

Hal ini dinilai karena kesadaran akan kebersihan masih kurang. Agar masyarakat sadar, Walikota dan wakil walikota berencana membuat sebuah lomba kelurahan terbersih. Secara tak langsung, untuk mendapatkan hal itu, masyarakat harus kian sadar akan kebersihan lingkungan dan membuat lingkungan mereka bebas dari sampah.

Baca Juga  Upaya Pengawasan Benih, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Gelar Bimtek Sosialisasi Peraturan dan Aplikasi 

Rencananya, program Bengkulu Bersih Indah, Sejuk dan Aman (BISA) ditahun 2014 lalu akan kembali diaktifkan. Program Bengkulu BISA ini merupakan program yang meningkatkan nilai-nilai kerjasama antar sesama masyarakat dalam menjaga kebersihan di lingkungan sekitar.

“Ke depan, program yang melibatkan partisipasi masyarakat kembali digalakkan. Sebab, kunci keberhasilan program pemerintah sangat tergantung dengan partisipasi/keterlibatan publik, seperti dalam mengatasi masalah sampah ini,” tutur Dedy Wahyudi, Senin (19/9/2022).

Baca Juga  Kemenkes RI Deteksi Omicron BA.4 Dan BA.5, Dedy Wahyudi : Mudah-Mudahan Virus Ini Tidak Masuk Kota Bengkulu

Dengan lantang, Dedy Wahyudi juga berpesan kepada seluruh ASN Pemkot untuk tak membuang sampah sembarangan. Karena sejatinya mereka harus memberikan contoh yang baik di tengah masyarakat.

“Jangan sampai pegawai kita tertangkap saat petugas melakukan razia. Kemarin ada aparat yang tertangkap razia. Jadi toling jangan sampai ASN Kota Bengkulu, atau anak, keponakannya terkena razia. Karena kita harus mendukung program merdeka sampah. Kita mohon bapak Camat berbagi tugas dengan Lurah, RT, LPM dalam mewujudkannya, nantinya akan ada reward untuk kelurahan terbaik (terbersih), dan yang paling kotor akan diberikan hadiah dalam bentuk bak sampah,” tutupnya.(Zn)

Baca Juga  Jahit Bendera Merah Putih, Napak Tilas Momen Bersejarah di Rumah Fatmawati

 

Share

Tinggalkan Balasan