Pemkot Akan Alihkan Kontainer Sampah Pasar Panorama Kota Bengkulu

Bengkulu,Beritarafflesia.com- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu mengambil tindakan mengenai tumpukan sampah di Pasar Panorama yang mengganggu aktivitas pedagang dan warga sekitarnya serta menimbulkan baun tak sedap.

Dikatakan Kadis LH Riduan, sampah menumpuk diakibatkan efek perayaan tahun baru, karena di lokasi terdapat sampah-sampah rumah tangga.

“Ya, kita terkejut juga sampah di depan pasar panorama itu menumpuk begitu cepat padahal tiap hari kita angkut. Mungkin ini efek dari tahun baru, sehingga banyak sampah-sampah rumah tangga yang diletakkan disitu. Karena kami lihat ada kantong plastik dan isinya banyak sampah rumah tangga bukan sampah dari pasar,” tuturnya, Selasa (3/1/23).

Baca Juga  Lolos Verifikasi SAQ, Kadis Kominfosan Paparkan Diseminasi Informasi Publik PPID Kota Bengkulu

Menanggapi fenomena ini, DLH berencana memindahkan kontainer tersebut agar tak ada lagi penumpukan sampah seperti saat ini.

“Kita nanti akan berkoordinasi dengan UPTD pasar. Rencananya kita alihkan kontainer itu, mungkin dimasukkan ke dalam sehingga sampah tidak menumpuk lagi di pinggir jalan dan tak merusak pemandangan kota. Nah itu yang kita lakukan dalam 1-2 hari ini,” jelasnya.

Ketika kontainer dipindahkan dan lokasi telah bersih, Riduan ingin ruang yang kosong itu bisa diisi dan dicari solusi lainnya agar tak ada lagi masyarakat membuang sampah disana.

Baca Juga  PJ Walikota Bengkulu Tandatangani Komitmen Implementasi SSK 2024

“Ketika lokasi itu sudah bersih dan kontainer tidak lagi ditempatkan disana. Itu biasanya pola pikir masyarakat karena sudah terbiasa buang sampah disitu pasti akan meletakkan sampah di pinggir jalan itu lagi. Nah untuk itu, kita akan koordinasikan agar ruang-ruang atau tempat yang kosong yang selama ini tempat kontainer itu diisi oleh pedagang,” tambahnya.

Baca Juga  Berlangsung Saat Ramadan, Rangkaian HUT ke-305 Kota Bengkulu Diisi Kegiatan Keagamaan

Apabila tak bisa diisi pedagang, Riduan akan berkoordinasi dengan pihak Damkar agar meletakkan mobil pemadam disana, sehingga masyarakat akan berfikir dua kali saat hendak membuang sampah disana.

“Kita berkoordinasi dengan pihak damkar yang ada di pasar panorama untuk ruang kosong yang biasanya kita letakkan kontainer itu diisi, mobil damkar diparkirkan disana. Sehingga masyarakat tak bisa meletakkan sampah disana lagi. Dan pada intinya kita akan mencari solusi agar tak ada lagi yang membuang sampah disana,” tutupnya.(BR1)

Share

Tinggalkan Balasan