Pengrajin Bahan Kayu dan Akar Kayu Kopi Berpotensi Tingkatkan Ekonomi Warga Benuang Galing

KEPAHIANG, Beritarafflesia.com – Produk kerajinan dari bahan kayu dan akar kayu kopi yang sekarang ditekuni oleh warga Desa Benuang Galing, Kecamatan Seberang Musi Kepupaten Kepahiang, lagi trend.

Bahkan dari Kantor Dinas Koperasi UKM Perindustrian & Perdagangan Kabupaten Kepahiang berikan apresiasi tinggi–atas produk yang dihasilkan. Terpotret, pada Selasa (5/9/2023) dinas terkait silaturahmi dengan para pengrajin.

Kedatangan para pejabat dari Dinas Koperasi dan UKM itu dalam upaya bekerjasama peningkatan promosi untuk pengembangan dari produk kerajinan. Dari pihak dinas terkait bersilaturahmi langsung– dengan ketiga pengrajin. Adalah Rasilman Cipto (Cipto art ), Sahroni (Roni art) dan Perdi Dwi Jayanto.

Baca Juga  Program BSPS, 73 KK Warga Kepahiang Menerima Bantuan Bedah Rumah dari Kementrian PUPR RI
Pengrajin Bahan Kayu dan Akar Kayu Kopi Berpotensi Tingkatkan Ekonomi Warga Benuang Galing

Dikatakan Kades Benuang Galing, Hari Salmon, kerajinan dari bahan kayu dan akar kayu kopi itu dinilai berpotens meningkatkan ekonomi warga desa. Dinas terkait sangat mendukung sekali hasil kerajinan yang dibuat oleh pengrajin.

“Kerajinan tersebut seperti furnitur yang bahan dasar kayu kayu. Saya berharap, ini juga dapat dilakukan oleh para pemuda desa lain dalam meningkatkan perekonomian dan kreatifitas,” jelas Hari.

Baca Juga  Curi Motor Polisi, Bandit Ranmor Binduriang Dicokok Polisi Kepahiang

Selaku pemerintah desa, kata Hari, dia mensuport dan menyemangati agar produk yang dihasilkan bisa terus berkembang. Dan terpenting pemuda-pemuda bisa terlibat aktif pada pembangunan desa maupun daerah.

“Ini sebagai bentuk dukungan kita untuk berikan semangat, perhatian serta berdiskusi kepada pengrajin. Ini kita lakukan untuk memberikan saran atau pembinaan, agar usaha yang dilakukan berkembang,” ucap Hari.

Baca Juga  Pemkab dan DPRD, Forkopimda Kepahiang Sukses Gelar Upacara Dirgahayu RI ke-78 

Ditambahkan Hari ketiga pengrajin ini yakni Roni– sebagai pengarajin ukiran dari berbahan kayu surian, kayu nangka dan akar pohon kopi. Rasilman Cipto– adalah pengrajin membuat vas bunga, ulekan cabe dan meja bahan akar pohon kopi.

Lalu Ferdi Dwi Jayanto, pengrajin patung hewan. Yakni patung Naga kecil, burung elang dan lainn-lain. “Harapan kami, produk ini nantnya selain dapat dipasarkan di daerah Kepahiang, juga ke luar kabupaten lainnya,” ujar Heri (Jon)

Share

Tinggalkan Balasan