Aksi Merahputihkkan Benteng Marborough di Apresiasi Kemendagri

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Pemerintah provinsi bengkulu  Gelar Event Memerahputihkan Benteng Marborough yang diapresiasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Event ini sukses digelar dan diikuti ribuan ASN Pemprov dan pelajar.

Ada sekitar 5 ribuan bendera yang berhasil dibagikan kepada masyarakat.

Tak hanya aksi pembagian bendera, kegiatan ini juga dibalut dengan kegiatan napak tilas sejarah perjuangan kemerdekaan di Provinsi Bengkulu. Serta promosi sejumlah ikon wisata Bengkulu.

“Alhamdulillah Provinsi Bengkulu mendapatkan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri.

Kita mulai dengan apel bersama dan memerahputihkan Benteng Marlborough,” ujar Kepala Kesbangpol Provinsi Moch. Redhwan Arif.

Gelaran yang sukses dengan sejarah dan promosi wisata ini, Pemerintah Provinsi Bengkulu diundang Kementerian dalam Negeri dalam event penganugerahan penghargaan kepada pemerintah daerah atas dukungannya dalam kegiatan pembagian bendera.

“Jadi yg menyebabkan kita mendapat penghargaan, karena selain pembagian bendera ada nilai sejarah perjuangan dan juga promosi wisatanya,” tambah Redhwan.Pembagian bendera di Provinsi Bengkulu digelar pada 13 Agustus 2023. Dipusatkan di Benteng Marlborough, yang memiliki nilai sejarah kemerdekaan, dan menjadi salah satu ikon wisata di Bengkulu. Di dalam kawasan Benteng Marlborough juga dibentuk formasi 78, oleh pelajar di Kota Bengkulu.”Benteng Marlborugh ini menjadi saksi perjuangan masyarakat Bengkulu, usai memerahputihkan, kita mengingat sejarah di Benteng Marlborough,” terang Redhwan.Usai pencanangan, Gubernur bersama ribuan ASN dan pelajar melakukan kirab, sekaligus membagikan bendera merah putih ke masyarakat. Rutenya, dari depan Benteng Marlborough menuju Kampung Cina, pasar ikan melewati Balai Raya Semarak dan finish di gedung Kantor Pos lama dan dilakukan upacara pengibaran bendera.

“Selama perjalanan ini gubernur, jajaran forkopimda dan seluruh peserta membagikan bendera kepada masyarakat. Dan melewati Balai Raya Semarak yang menjadi kediaman presiden Inggris-Belanda, dan sekarang masih berdiri kokoh menjadi rumah dinas Gubernur Bengkulu,” tambah Redhwan.

Gedung kantor pos lama ini juga memiliki sejarah bagi masyarakat Bengkulu, yakni sebagai lokasi pertama pengibaran bendera, sebagai tanda kemerdekaan di Provinsi Bengkulu.

“Gedung ini menjadi saksi masyarakat. Dan menjadi lokasi pertama pengibaran bendera merah putih di Bengkulu,” ujar Redhwan.Sejumlah titik bagian Kantor Pos Lama ini masih orisinil. EGM Kantor Pos Bengkulu Rodi mengatakan, hanya diperbaiki seperlunya, sesuai dengan regulasi yang ada.

“Tiang bendera itu orisinil dan sudah terdaftar. Tugas kita untuk melestarikannya,” ujar Rodi.(BR1)