BPBD Mukomuko Akan Bentuk Relawan Mitigasi Bencana di 15 Kecamatan 

BPBD Mukomuko Akan Bentuk Relawan Mitigasi Bencana di 15 Kecamatan 

Mukomuko,Beritarafflesia.Com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko akan membentuk relawan mitigasi bencana di 15 kecamatan, yang akan dilaksanakan pada bulan September mendatang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Ruri Irwandi, mengatakan pembentukan relawan mitigasi bencana merupakan proses untuk melatih dan mendidik para relawan.

Baca Juga  Usai Di Vaksinasi Covid 19 Berat Badan Turun

Agar para relawan dapat berfungsi secara optimal saat terjadi bencana yang setiap saat bisa terjadi.

Apalagi Kabupaten Mukomuko merupakan daerah yang rawan dan terjadi bencana seperti gempa bumi dan banjir.

Pelatihan yang akan diberikan kepada para relawan mitigasi bencana ini diberikan pengetahuan jenis-jenis bencana, penyebab dan dampaknya.

Baca Juga  Hendra Saputra,Putra Desa Tirta Kencana Resmi Daftarkan Calon Kades

Kemudian teknik evakuasi pertolongan pertama serta cara menggunakan peralatan penyelamatan dan komunikasi.

“Relawan mitigasi bencana diberikan pelatihan dan informasi dasar, sehingga mereka dapat mengetahui tugas dan fungsinya sebagai relawan saat terjadi bencana,” ungkap dia, Senin (26/8/2024).

Masih dikatakan Ruri, pembentukan relawan mitigasi bencana ini nantinya akan mencapai puluhan relawan. Masing-masing kecamatan terdapat dua orang calon relawan mitigasi bencana.

Baca Juga  Dokter Fadly: Sosok Choirul Huda-Rahmady Pas Untuk Memimpin Mukomuko  

Pada pembentukan dan pelatihan relawan mitigasi bencana ini pihaknya akan mendatangkan narasumber dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

“Selain mengundang 2 orang calon relawan mitigasi bencana di 15 kecamatan, kita juga mengundang multi sektor seperti Dinas PU, Dinkes dan lainnya,” ungkap dia.(BR1)

Share