DLHK Provinsi Gelar Pelatihan, Dorong Masyarakat Mengelola Sampah Mamatik Manfaat

DLHK Provinsi Gelar Pelatihan, dan Mendorong Masyarakat Mengelola Sampah

Bengkulu,Beritarafflesia.com- Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) provinsi Bengkulu terus mendorong masyarakat  kota Bengkulu untuk mengelola sampah dengan baik dan benar melalui sistem 3R yakni “reduce”, “reuse” dan “recycle”  yang berbasis masyarakat di lingkungan masing-masing.

Kali ini Dinas  DLHK Provinsi Bengkulu melakukan sosialisasi terhadap masyarakat di kelurahan Nusa  Indah RT 06/RW 02, Kecematan Ratu Agung Kota Bengkulu, terkait tata cara Pengelolaan Sampah, dan meningkatkan kesadaran masyarakat agar mengelola sampah lingkungan dengan baik dan bermanfaat.pada selasa (20/09/2022)

Menurut  Kabid II Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran, Yanmar, S.Km. di dampingi  fasilitator kader lingkungan dari  Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Bengkulu Menyampaikan, Pihaknya  terus melakukan  sosialisasi  sekaligus memberikan pelatihan tentang sistem pengelolaan sampah rumah tangga.

Baca Juga  Siap Buka Konektivitas, Pangdam II Sriwijaya Dukung Program Strategis Gubernur Rohidin
Kabid II Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran, Yanmar, S.Km. menyerahkan Bak sampah kepada warga kota Bengkulu

“ Program sistem pengelolaan sampah ini ditunjukkan ke masyarakat terutama kepada ibu-ibu rumah tangga tentang tata cara  pengelolaan sampah  rumah tangga, dan sekaligus pelatihan bagaimana cara mengelolah sampah ini bisa menambah penghasilan bagi ibu rumah tangga. Karena tujuan kita tidak hanya mengatasi tumpukan sampah di setiap Tempat Pembuangan Sampah (TPS. Tapi kita mengingatkan kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah ini menjadi manfaat” Imbuh Yanmar

Baca Juga  Rakernis Gabungan 4 Divisi, Kapolri Minta Penguatan Transformasi Menuju Polri Presisi

Ia juga menilai, selama ini masyarakat belum menyadari jika dampak  akibat  timbunan sampah tersebut  akan menimbulkan berbagai macam jenis penyakit. Maka untuk mengatasi dampak sampah keluarga ini, pihaknya terus menodorong masyarakat  agar bisa memetik manfaatnya dan juga dapat menjadi penopang perekonomian keluarga, serta mengubah perilaku agar memahami tata cara menjaga kebersihan di lingkungan mereka masing-masing.

“ Apalagi di kota Bengkulu belum ada figur masyarakat yang bisa mengelola sampah untuk dapat dijadikan sebagai panutan. Maka rintisan kelompok masyarakat pengelola sampah yang memberikan manfaat ekonomi  ini bisa dijadikan contoh oleh masyarakat lainnya.  Karena sistem pengelolaan sampah merupakan stategi untuk membangun perekonomian masyarakat dengan cara pemanfaatan sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis” Jelasnya

Baca Juga  Jelang Pemilu 2024, Sujono Harap Para Anggota Dapat Menambah Perolehan Jumlah Kursi

Yanmar akan terus melakukan sosialisasi dan memberikan tempat sampah kepada masyarakat. Karena ia menilai saat ini di kota Bengkulu sudah banyak tumpukan sampah, akibat masyarakat membuang  sembarangan.

“Untuk mendukung pengelolah sampah keluarga ini perlu, kita dari DLHK terus melakukan gerakan dengan cara memberikan BAK  untuk tempat menampung  sampah keluarga  di setiap kelurahan. Kami juga berharap kepada masyarakat  dapat memanfaatkan  sampahnya dengan baik, juga untuk pemulihan lingkungan. demiakian tutup Yanmar” ( Elza)

Share

Tinggalkan Balasan