Jelang Akhir Tahun, Permohonan Perekaman e-KTP Masih Kategori Normal

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Jelang akhir tahun 2023 permohonan perekaman Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu masih terlihat normal, tak ada mengalami peningkatan.

Dikatakan Kepala Disdukcapil Widodo, Rabu (13/12). Lonjakan permohonan e-KTP hanya terjadi pada momen-momen tertentu, termasuk saat ada tes penerimaan PNS.

“Lonjakan itu biasanya kalau ada penerimaan PNS. Kemudian pemberkasan PPPK, itu biasanya imbas dari verifikasi berkas. Ada kesalahan di KK, ada spasi atau tidak, otomatis akan berpengaruh juga ke percetakan KTP,” ungkapnya.

Baca Juga  Kabid Dafduk Dukcapil Serah e-KTP Ke SMAN 9 Kota Bengkulu

Untuk saat ini, perharinya Disdukcapil melayani permohonan e-KTP sebanyak 150 orang, itupun termasuk yang ada di Mal Pelayanan Publik (MPP).

Selain di gerai Disdukcapil dan MPP, lanjut Widodo, pihaknya terus melakukan perekaman jemput bola ke sekolah-sekolah maupun disabilitas.

Baca Juga  Kadis Dukcapil Kota Bengkulu Serahkan KIA Dan AKTE Panti Asuhan Bumi Rafflesia

“Pada intinya kita peduli terhadap permintaan masyarakat. Namun kita juga mengharapkan kepedulian Camat dan Lurah terhadap kaum disabilitas yang belum memiliki KTP di wilayahnya. Kami minta verifikasi ulang dan jika semuanya telah terdata barulah kita bergerak melakukan perekaman,” jelasnya.

Selain program jemput bola, Disdukcapil kini juga terus mendorong masyarakat menggunakan Identitas Kependudukan Digital (IKD), terkhusus para perekam e-KTP Pemula.

Baca Juga  Dukcapil Pastikan Stok blangko KTP di Bengkulu jelang Pilkada 2024 tercukupi

“Aplikasinya tidak berbayar dan untuk masyarakat yang ingin mendaftar Dukcapil siap membantu, baik dengan sistem jemput bola ataupun datang ke kantor,” ujar Widodo.

Terakhir, bagi masyarakat yang ingin mengganti KTP karena rusak atau pun tambah data, akan diarahkan untuk aktivitas identitas kependudukan digital.(Br1)

Share

Tinggalkan Balasan