Pembukaan Turnamen Piala Kadispora di Seluma, Jonaidi SP: Kegiatan Akan Terus Dilanjutkan

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Dapil Seluma menyebut akan terus melanjutkan pengadaan event-event sepak bola, usai sukses membuka turnamen Piala Dispora di Stadion Mini Desa Bukit Peninjauan II, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma pada Rabu 29 November 2023.

Turnamen tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Provinsi Bengkulu yang ke-55. Pembukaan turnamen ini juga dihadiri Bupati Seluma, Ketua Komisi DPR II Provinsi Bengkulu, hingga Kadispora Provinsi Bengkulu yang sekaligus hadir mewakili Gubernur Bengkulu.

Turnamen yang berada di bawah kontrol Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) ini merupakan kegiatan resmi untuk mendorong semangat olahraga anak muda dalam mengembangkan bakat mereka, terutama di bidang sepak bola.  

Jonaidi SP,  DPRD Provinsi Bengkulu Dapil Seluma, sekaligus Ketua Panitia Turnamen Piala Kadispora, ingin mendorong pemuda untuk mencetak prestasi dan mengharumkan nama daerah melalui bidang olahraga, khususnya sepakbola. 

Pemuda asal Seluma ini percaya bahwa rasa cinta terhadap olahraga sepakbola perlu untuk diciptakan pada generasi muda dan memerlukan pembinaan agar bibit-bibit muda dapat berkembang dengan baik dan membanggakan daerah.

Bersama pemerintah, ia menyatakan kesanggupan untuk terus memberikan dukungan terhadap persepakbolaan daerah dan kemajuan olahraga di Provinsi Bengkulu, terutama Kabupaten Seluma. Turnamen ini juga akan menjadi kegiatan berkelanjutan untuk mewujudkan harapan generasi muda berprestasi di bidang olahraga sepakbola. 

“Kita harus tumbuhkan generasi yang mencintai sepak bola sehingga harus ada pembinaan terhadap bibit-bibit muda, agar sepakbola Seluma bisa membanggakan kedepannya. Karena itu kami bersama pemerintah senang untuk membantu pemuda meraih impian mereka dengan mengadakan acara seperti ini. Tentu acara-acara yang bermanfaat seperti ini sudah semestinya dilakukan berkelanjutan. Setelah ini akan ada turnamen-turnamen lain yang menyusul,” ujar Jonaidi dalam sambutan pembukaan Turnamen Piala Kadispora.

Hal senada juga disampaikan oleh Kadispora Provinsi Bengkulu Ika Joni Ikhwan, yang memberikan dukungan agar turnamen serupa bisa diadakan di kecamatan-kecamatan lain.

“Acara positif seperti ini harus mendapatkan dukungan yang maksimal. Dan semoga kedepannya kegiatan ini tidak hanya ada di Kecamatan Sukaraja saja dan dilaksanakan di kecamatan-kecamatan lainnya di Kabupaten seluma. Bila perlu diadakan di seluruh Provinsi Bengkulu,” ujar Ika Joni.

Jonaidi SP turut menerangkan pendanaan kegiatan turnamen ini merupakan alokasi dari APBD Provinsi Bengkulu yang dikelola langsung oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). 

“Semua biaya turnamen ini dialokasikan dari APBD Provinsi Bengkulu yang dikelola oleh Dispora,” tambahnya. 

Turnamen sepak bola sendiri dapat menjadi ajang bagi para pemuda untuk menambah prestasi. Jonaidi SP menganggap bahwa sikap tekun terhadap olahraga juga dapat berpengaruh baik terhadap pendidikan hingga jenjang karir. Pasalnya, tidak sedikit sekolah ataupun pekerjaan yang menjadikan prestasi olahraga sebagai bahan pertimbangan mereka dalam seleksi penerimaan.

“Olahraga jika ditekuni akan membawa pada kebaikan, banyak sekali orang-orang berprestasi dalam sepakbola diterima di sekolah-sekolah melalui jalur prestasi, ada juga yang diterima di BUMN, Polisi, ASN dan sebagainya melalui jalur prestasi sehingga hal ini memang harus menjadi perhatian bersama,” imbuh Jonaidi.(BR1)adv