Perkuat Peran dan Fungsi Legislasi Tingkat Daerah,  Khairul Anwar Buka Orientasi Anggota DPRD Kota/Kabupaten

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Sebagai langkah untuk memperkuat peran dan fungsi legislasi di tingkat daerah, Orientasi Anggota DPRD Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu menjadi sebuah kesempatan yang krusial bagi para wakil rakyat.

Acara ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman anggota DPRD tentang tugas dan tanggung jawab mereka, serta menekankan pentingnya komitmen dan kolaborasi dalam menjalankan amanah dari masyarakat. Asisten I Setda Provinsi Bengkulu, Khairil Anwar, yang hadir pada pembukaan ini menyampaikan selamat kepada para anggota DPRD yang terpilih dari sekian banyak calon yang ada.

Baca Juga  Pemprov Kolaborasi dengan BPJS Ketenagakerja, Percepat Hapus Kemiskinan Ekstrem Sesuai Inpres

Ia menekankan bahwa dari sejumlah calon yang mengikuti pemilihan, hanya sekitar 30 persen yang berhasil terpilih, menunjukkan betapa pentingnya penilaian masyarakat dalam memilih wakil mereka.

Asisten 1 Setda Provinsi tekankan pentingnya fungsi pengawasan DPRD terhadap perangkat Daerah

“Penting bagi setiap anggota untuk memahami posisi dan wewenangnya agar dapat memenuhi harapan masyarakat,” jelas Khairil di Hotel Mercure Bengkulu pada Senin, 23 September 2024.

Salah satu fokus utama dari orientasi ini, kata Khairil, adalah menyatukan pemahaman di antara anggota dewan, terlepas dari latar belakang partai, pendidikan, dan profesi yang berbeda, sehingga mereka dapat bekerja sama dalam menjalankan fungsi legislasi.

Baca Juga  Peringatan HUT Provinsi Bengkulu Ke 54, Jadi momentum Pemprov Ajak Masyarakat Kuat dan Merdeka dari Covid 19

Khairil juga menekankan pentingnya fungsi pengawasan DPRD terhadap perangkat daerah, yang harus diperhatikan untuk memastikan sinergi dan kerja sama yang efektif.

Perkuat Peran dan Fungsi Legislasi Tingkat Daerah,  Khairul Anwar Buka Orientasi Anggota DPRD Kota/Kabupaten

“Selama empat hari ke depan, kami berharap para anggota dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan memahami bahwa DPRD dan kepala daerah adalah mitra sejajar. Oleh karena itu, lambang yang kita gunakan mencerminkan daerah kita, dan pelaksanaan tugas serta fungsi antara kepala daerah dan DPRD harus menjadi perhatian bersama,” ungkap Khairil.

Baca Juga  Upaya Cukupi Kebutuhan Darah,  PSMTI Provinsi Bengkulu Terima Penghargaan dari PMI Kota 

Orientasi Anggota DPRD Kabupaten/Kota gelombang pertama ini dihadiri oleh para bupati dari masing-masing kabupaten. Total peserta mencapai 80 orang. Terdiri dari 25 anggota DPRD Kabupaten Mukomuko, 30 anggota dari Seluma, dan 25 anggota dari Kaur. Orientasi ini dijadwalkan berlangsung dari 23 hingga 27 September.(BR1)

Share