PWI Bengkulu Porwanas 2024 Berhasil Raih 4 Medali 

PWI Bengkulu Porwanas 2024 Berhasil Raih 4 Medali 

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Kontingen PWI Provinsi Bengkulu sukses mengumpulkan 4 medali di ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2024 Kalimantan Selatan. Pencapaian ini menempatkan kontingen PWI Bengkulu urutan ke-20 dari 34 provinsi yang ambil bagian sekaligus menjadi yang terbaik sepanjang keikutsertaan PWI Bengkulu di ajang Porwanas. Sebelumnya dalam gelaran Porwanas di Malang Jawa Timur tahun 2022 lalu, kontingen PWI Bengkulu hanya meraih 1 medali.

Ketua PWI Provinsi Bengkulu, Marsal Abadi menyampaikan rasa syukur atas prestasi yang diraih wartawan Bengkulu. Porwanas kata Marsal adalah ajang bergengsi yang diikuti seluruh wartawan se-Indonesia. Ia mengapresiasi perjuangan para atlet yang ikut berlaga, termasuk seluruh tenaga dan pikiran telah didedikasikan untuk nama baik Provinsi Bengkulu.

“Ini sangat membanggakan karena prestasi teman-teman wartawan yang tergabung di PWI Bengkulu terus meningkat di ajang Porwanas. Papan skor kita ditutup pada urutan ke-20 dari 34 provinsi yang ikut serta. Saya sangat bangga dan terima kasih untuk teman-teman semua” kata Marsal usai menghadiri penutupan Porwanas 2024 di Gedung Pancasila, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu, (25/8/2024)

Kedepan sambung Marsal, PWI Bengkulu akan terus menggali potensi yang dimiliki wartawan-wartawan Bengkulu untuk mengikuti ajang Porwanas selanjutnya. Ia menyakini masih banyak wartawan Bengkulu yang memiliki telenta namun belum memiliki kesempatan untuk ikut berpartisipasi di ajang Porwanas Kalimantan Selatan. 

Baca Juga  Evaluasi Pembinaan 45 Lembaga dalam Pengutamaan Bahasa Negara, Sekdaprov: Bahasa Alat Komunikasi Pemersatu

“Yang telah mengukir prestasi akan terus kita tingkatkan, terus kita bina tapi untuk potensi-potensi yang belum sempat ikut di Banjarmasin akan kita pantau dan berdayakan melalui SIWO PWI. Momentum Porwanas sangat baik karena bukan hanya ajang beradu prestasi tapi ajang silaturahmi, meningkatkan solidaritas sesama wartawan” kata Marsal

Empat medali yang diraih kontingen PWI Provinsi Bengkulu dicatatkan Alfinda Nopra pada kategori atletik, Rio Susanto kategori karya jurnalistik foto, Benny Benardie karya jurnalistik tulis, dan Heriyandi karya jurnalistik radio. Alfinda turun pada nomor pertandingan lari 5.000 meter. Ia meraih medali perak dengan menyingkirkan perwakilan 32 provinsi lainnya. Alfinda hanya kalah dari perwakilan NTB yang meraih medali emas. 

“Terima kasih untuk dukungan penuh dari PWI Provinsi Bengkulu dan rekan-rekan suporter yang telah memberikan semangat. Medali ini saya persembahkan untuk seluruh teman-teman wartawan di Bengkulu” kata Alfinda. 

Alfinda adalah atlet unggulan PWI Bengkulu untuk cabang atletik . Pada ajang Porwanas 2022 di Malang, Jawa Timur, wartawan muda ini juga sukses maraih mendali perak. Alfinda merupakan wartawan di media online Teropong Publik yang bertugas di Kabupaten Mukomuko.

Sementara Benny Benardie (Cik Ben) mengaku bangga atas prestasi yang diraih. Ia sukses membawa pulang medali perunggu untuk kategori karya jurnalistik tulis (deep news). Kesuksesan ini tidak terlepas dari pengalamannya selama hampir 20 tahun lebih menjadi wartawan.

Baca Juga  PLTU DI TELUK SEPANG, MONUMEN KAPITALIS CINDRAMATA KEZALIMAN PENGUASA

“Kedepan saya sangat berharap adik-adik wartawan bisa melanjutkan prestasi ini. Kemampuan menulis adalah skil dasar yang wajib dimiliki wartawan tapi untuk berprestasi kemampuan menulis harus terus diolah dan dicintai agar kemampuan kita semakin baik” kata Cik Ben.

Serupa diungkapan Rio Susanto dan Heriyandi yang sama-sama berhasil naik podium dengan meraih medali perunggu. Rio Susanto turun untuk kategori karya jurnalistik foto sedangkan Heriyandi turun untuk kategori karya jurnalistik radio.

Rio adalah jurnalis foto Bengkulu Ekspres yang sudah meraih banyak prestasi sebelumnya. Dalam ajang Porwanas Kalsel 2024, Rio mengambil spot foto di Desa Wisata Belangian, kawasan Geo Park Meratus yang merupkan kawasan destinasi wisata unggulan di Kalimantan Selatan. Menggunakan kamera DSLR, Rio membidik salah satu pohon unik yang bernama “Pohon Binuang Laki”. Pohon yang mirip dengan kemaluan laki-laki ini yang memiliki tinggi 100 meter dengan diameter 3 meter.

“Saya tidak mengira juri tertarik dengan foto yang saya ambil tapi pohon itu sangat unik. Warga setempat menyebutnya Binuang Laki karena mirip kemaluan laki-laki tapi untuk sampai ke kawasan itu butuh 2 jam perjalanan dari Kota Banjarmasin, dilanjutkan setengah jam naik kapal keletek. Itu momen yang sangat-sangat berkesan, kedatangan kami juga disambut antusias warga di sana” kata Rio. 

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah turut berbangga atas perjuangan atlet PWI Bengkulu hingga sukses mengharumkan nama Provinsi Bengkulu di ajang nasional. Gubernur Rohidin berjanji akan memberi reward kepada peraih medali. 

Baca Juga  Reses Irwan Eriadi Serap Aspirasi untuk Menunjang Pembangunan Dapil

“Prestasi ini adalah bukti bahwa Bengkulu memiliki talenta-talenta luar biasa di bidang olahraga dan jurnalistik. Saya sangat bangga dan akan memberikan reward sebagai apresiasi kepada para atlet yang telah berjuang keras” ujar Gubernur Rohidin melalui pesan WhatsApp, Minggu, (25/8/24)

Sementara Koordinator Kontingen PWI Bengkulu, Suherdi Marabile mengatakan, PWI Bengkulu mengikutikan 54 peserta yang terdiri dari atlet, official dan staf pendamping dari Dispora Provinsi Bengkulu di ajang Porwanas Kalsel 2024. Atlet Bengkulu turun untuk 9 cabang olahraga yakni Karya Jurnalistik, Atletik, Bulu Tangkis, Catur, Domino, E-Sport, Tenis Meja, Bilyar, dan Futsal. 

“Alhamdulilah kita bisa unggul untuk cabang karya jurnalistik dan atletik tapi semua cabang olahraga kita memiliki potensi seperti catur, bulu tangkis dan E-Sport. Kedepan kita perlu pembinaan lebih baik lagi untuk cabor-cabor unggulan dan menggarap cabor yang tidak kita ikuti seperti bridge dan olahrga tradisional” kata Suherdi. 

Ia turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh kontingen PWI Provinsi Bengkulu yang telah menunjukan sporifitas dan solidaritas selama pertandingan berlangsung. “Saya sangat bangga atas prestasi yang telah kita ukir tapi yang lebih membanggakan lagi seluruh atlet PWI Bengkulu telah menunjukan sportifitas yang sangat luar biasa selama bertanding” kata Suherdi.(BR1)

Share