Tim PKRS dan Tim Rehab Medik RSUD Harapan dan Doa Kota Bengkulu.

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Melakukan Edukasi kepada pasien, keluarga pasien dan pengunjung Rumah sakit. Dengan Materi Pencegahan STROKE, Rabu (26/07/2023).
Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) adalah upaya Rumah Sakit untuk meningkatkan kemampuan pasien, klien dan kelompok masyarakat sehingga pasien dapat mandiri dalam mempercepat kesembuhan dan rehabilitasinya, mandiri dalam meningkatkan kesehatan, mencegah masalah kesehatan, dan mengembangkan upaya kesehatan melalui pembelajaran sesuai sosial budaya masing-masing.


Tujuan dari PKRS adalah terciptanya masyarakat rumah sakit yang menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat melalui perubahan pengetahuan, sikap, dan perilaku pasien RS serta pemeliharaan lingkungan RS dan bisa di manfaatkannya dengan baik semua pelayanan yang disediakan Rumah Sakit.

Tim PKRS kali ini melakukan edukasi kepada para pasien mengenai pencegaha Stroke, salah satu cara termudah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah stroke adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat, misalnya menjaga berat badan ideal, tidak merokok, mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, dan rutin olahraga.

Selain itu, ada pula cara pencegahan lain yang perlu diterapkan dan belum dipahami banyak orang yaitu dengan melakukan stroke screening secara rutin. Stroke screening dilakukan dengan pemeriksaan USG pembuluh darah yang menuju otak dan yang ada di otak dan bertujuan untuk mengetahui apakah ada penyempitan pada pembuluh darah atau gangguan aliran darah yang menjurus ke stroke. Jika ditemukan, biasanya dokter dapat memberikan intervensi untuk mengatasinya, misalnya dengan pemberian obat-obatan.(BR1)adv