Paritrana Award 2024, Wujudkan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Paritrana Award 2024, Wujudkan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Untuk mewujudkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, serta meningkatkan kesadaran dan peran aktif kabupaten/kota dalam meningkatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, Pemerintah Provinsi Bengkulu menyelenggarakan Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Paritrana Award).

Paritrana Award juga bertujuan untuk meningkatkan awareness (kewaspadaan) dan peran aktif pemerintah provinsi, kabupaten kota dalam meningkatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang pada penilaiannya melibatkan tim dari unsur Pemerintah Provinsi Bengkulu, BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Bengkulu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Bengkulu, Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Provinsi Bengkulu, Ketua DPD Apindo Provinsi Bengkulu, Ahli Hukum, Ahli Jaminan Sosial, Ahli Kebijakan Publik dan Ahli Ekonomi. 

Untuk kategori penilaian terdiri dari Pemerintahan yang dinilai tingkat coverage (cakupan wilayah) serta inovasi dalam perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Sedangkan untuk kategori Badan Usaha dilihat dari Kepatuhan, Suplychain (jaringan distribusi), Inovasi. Dan terakhir Kategori Usaha Kecil Mikro sebagai bentuk kesadaran perlindungan jaminan sosial.

Baca Juga  Ini Cara Mengurus Akta Perceraian di Dukcapil Kota Bengkulu Khusus Non Muslim

Seperti diketahui, saat ini terdapat 39.487 pekerja rentan di Bengkulu telah terlindungi oleh jaminan sosial ketenagakerjaan. Hal ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk mensejahterakan para pekerja informal atau bukan penerima upah yang masuk dalam kategori pekerja rentan miskin ekstrem.

“Pemerintah Provinsi Bengkulu beserta kabupaten/kota di Bengkulu dan pelaku usaha telah berkomitmen mendukung penuh implementasi program jaminan sosial ketenagakerjaan. Karena seperti kita tahu jaminan sosial ketenagakerjaan kita saat ini masih rendah,” ungkap Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah dalam sambutannya pada penyerahan penghargaan Paritrana Award 2023 di Balai Raya Semarak, Selasa (14/5/2024). 

Rohidin Mersyah menambahkan, perlindungan ini diharapkan mencakup seluruh pegawai non ASN seperti pegawai honorer, guru honorer, perangkat desa hingga RT/RW termasuk para pekerja rentan di perusahaan. 

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbagsel Muhidin menjelaskan, pagelaran Paritrana Award yang sudah dimulai sejak tahun 2017. 

Baca Juga  Komisi 1 DPRD Kota Bengkulu Cek Kesiapan Vaksinasi di RSHD

Dengan kategori penilaian terdiri dari pemerintahan yang dinilai tingkat coverage serta inovasi dalam perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Sedangkan untuk kategori badan usaha dlihat dari kepatuhan, suplychain, dan inovasi. Untuk kategori Usaha Kecil Mikro sebagai bentuk kesadaran perlindungan jaminan sosial,” terang Muhyidin.

Tim penilaian di tingkat Provinsi Bengkulu ini diketuai oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Isnan Fajri, Sekretaris yaitu Kepala BPJS Ketenagakerjaan Provinsi, beserta anggota dari Kepala Disnaker Provinsi, Ketua SPSI Provinsi, Ketua DPD Apindo Provinsi, ahli hukum, ahli jaminan sosial, ahli kebijakan publik dan ahli ekonomi.

Penghargaan Paritrana Award dimulai dari Provinsi untuk dilanjutkan penelitiannya di tingkat nasional, melalui tim Paritrana Nasional. Diharapkan perwakilan dari Provinsi Bengkulu dapat masuk Kategori Pemenang seperti tahun sebelumnya kita masuk dalam pemenang kategori penerima Penghargaan untuk Usaha Kecil Mikro. 

Baca Juga  Upacara Hari Bhayangkara ke-78, Pj Walikota Berharap Pemkot - Polresta Bengkulu Terus Bersinergi

Berikut Pemenang Paritrana Award Tahun 2023 Provinsi Bengkulu:

Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota:

  1. Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong
  2. Pemerintah Kabupaten Mukomuko
  3. Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan

Kategori Sektor Keuangan:

  1. Bank Pembangunan Daerah Bengkulu
  2. Bank Perkreditan Rakyat Maroba ITE
  3. BPR Dian Binarta

Kategori Dektor Perdagangan dan Jasa:

  1. Indomarco Prismatama
  2. Maree Lintas Global
  3. Agung Automall

Sektor Manufaktur, Pertambangan, Manufaktur dan Konstruksi:

  1. Gorby Putra Utama
  2. Inti Bara Perdana Bengkulu
  3. Roda Tekindo

Sektor Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan:

  1. Bengkulu Sawit Lestari
  2. Agri Andalas
  3. Daria Dharma Pratama

Sektor Pendidikan:

  1. Dimas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu
  2. Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  3. Poltekkes Kemenkes Bengkulu

Kategori Usaha Kecil Mikro:

  1. Dama Print
  2. Syarah Bakery
  3. Kurnia Oryza Reksa Perkasa-Bengkulu

Kategori Pemerintah Desa/Kelurahan:

  1. Pemerintah Desa Nakau, Kabupaten Bengkulu Tengah
  2. Kelurahan Tanah Patah, Kota Bengkulu
  3. Pemerintah Desa Abu Sakim, Bengkulu Tengah.(Br1)adv
Share

Tinggalkan Balasan