Pemkab Bengkulu Tengah Gelar Rapat Koordinasi Implementasi PESIAR 2024

Pemkab Bengkulu Tengah Gelar Rapat Koordinasi Implementasi PESIAR 2024

Bengkulu Tengah,Beritarafflesia.Com-Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah menggelar Rapat Forum Koordinasi, Monitoring, dan Evaluasi Implementasi Pelaksanaan PESIAR (PETAKAN, SISIR, ADVOKASI, dan REGISTRASI) Tahun 2024. Acara ini dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati Bengkulu Tengah pada Selasa, 23 Juli 2024, dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Bengkulu sebagai mitra utama.

Tujuan utama dari rapat ini adalah untuk memperkuat kemitraan dan komunikasi antara pemerintah daerah dengan BPJS Kesehatan serta pemangku kepentingan lainnya terkait pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kabupaten Bengkulu Tengah. Hadir dalam rapat tersebut Asisten Administrasi Pemerintahan & Kesra Nurul Iwan Setiawan, S.Sos., M.Si., Asisten Administrasi Umum H. Elyandes Kori, S.E., M.Si., Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bengkulu Tengah Dra. Hj. Yuhana, M.M., Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bengkulu Mahyuddin, SE., AAAK., Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Bengkulu Tengah Ns. Melysa Ripka Aritonang, S.Kep., serta undangan lainnya.

Baca Juga  Rohidin Mersyah : Kebijakan Sekolah Menengah Atas Benteng Sangat Disayangkan

Dalam sambutannya, H. Elyandes Kori, S.E., M.Si., menyatakan dukungannya terhadap semua program BPJS Kesehatan di Kabupaten Bengkulu Tengah. “Saya sangat mendukung penuh semua program BPJS Kesehatan Kabupaten Bengkulu Tengah dan saya berharap semua penduduk Kabupaten Bengkulu Tengah telah terdaftar ke Program JKN-KIS,” ujarnya.

Baca Juga  Pemkab Benteng Laksanakan Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 Tahun 2024

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bengkulu, Mahyuddin, SE., AAAK., dalam sambutannya menekankan pentingnya program PESIAR dalam memastikan seluruh masyarakat terdaftar dalam JKN-KIS. “Melalui program PESIAR ini, kami akan mengecek dan menyisir setiap desa di Kabupaten Bengkulu Tengah untuk mengetahui berapa banyak masyarakat yang belum terdaftar JKN-KIS. Pada tahap awal ini, kami akan memulai dengan dua desa, yaitu Desa Talang Pauh dan Desa Kelindang Atas,” jelas Mahyuddin.

Program PESIAR bertujuan untuk mengidentifikasi, memetakan, mengadvokasi, dan meregistrasi masyarakat yang belum terdaftar dalam JKN-KIS. Dengan pendekatan ini, diharapkan seluruh warga Kabupaten Bengkulu Tengah dapat menikmati layanan kesehatan yang terjamin oleh BPJS Kesehatan. Langkah-langkah ini mencerminkan komitmen pemerintah daerah dan BPJS Kesehatan dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui penyediaan akses pelayanan kesehatan yang merata dan inklusif.

Baca Juga  Terkait Dugaan Korupsi, Ditreskrimsus Polda Bengkulu Geledah Dinas Pertanian Benteng

Rapat koordinasi ini juga merupakan bagian dari upaya peningkatan efektivitas pelaksanaan program JKN-KIS di lapangan. Diharapkan melalui sinergi yang baik antara pemerintah daerah, BPJS Kesehatan, dan pemangku kepentingan lainnya, program JKN-KIS dapat berjalan lebih optimal dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat Kabupaten Bengkulu Tengah.(BR1)

Share