Validasi Tahap Akhir Sebagai Syarat Kota Sehat, Pemkot Bengkulu Optimis Raih Predikat Swasti Saba Wistara

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Tim Penilai Pusat Kabupaten/Kota Sehat tahun 2023 mengunjungi Kota Bengkulu, guna memvalidasi tahap akhir sebagai syarat kota sehat.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan diwakili Staf Ahli bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Rosminiarty, jajaran Pemkot terkait dan beberapa pihak terkait menyambut baik kunjungan tim penilai di Balai Kota Merah Putih, Kamis (7/9/2023).

Validasi Tahap Akhir Sebagai Syarat Kota Sehat, Pemkot Bengkulu Optimis Raih Predikat Swasti Saba Wistara

Tim penilai ini mengunjungi beberapa tempat untuk mengecek langsung kelayakan, seperti syarat yang sudah ditentukan. Ada sembilan tatanan yang akan dinilai dalam penilaian Kabupaten Kota Sehat 2023. Menurut Rosminiarty Kota Bengkulu siap dalam memenuhi sembilan hal ini.

Adapun 9 tatanan tersebut meliputi tatanan tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri, tatanan pemukiman dan fasilitas umum, tatanan pasar, tatanan satuan pendidikan, tatanan pariwisata, tatanan transportasi dan tertib lalu lintas jalan, tatanan perkantoran dan perindustrian, tatanan perlindungan sosial, dan tatanan pencegahan serta penanganan bencana.

Baca Juga  Pemprov Bengkulu Terus Upaya Tingkatkan SDM Dengan Mengirim Pelajar dan Tenaga Kerja ke Luar Negeri 

Sementara itu, selaku Ketua Tim Penilaian Kuntara Anindita perwakilan delegasi Kementerian Dalam Negeri RI menyampaikan ucapan terima kasih atas antusias dan penyambutan jajaran Pemkot Bengkulu.

“Kegiatan penilaian Kabupaten/Kota Sehat (KKS) ini dilakukan guna untuk menilai sekaligus memberikan perayaan bagi keberhasilan dalam menyelenggarakan kabupaten menjadi kota sehat. Kita akan melakukan penilaian melalui observasi lapangan, lalu memberikan verifikasi terhadap hasil observasi yang telah divalidasi tersebut,” terang Kuntara.

Baca Juga  Berhalangan Hadir Saat Rapat Pembahasan Perwal, Walikota Helmi Minta Maaf Ke Gubernur

Setelah itu, tim penilaian mulai melakukan tinjauan ke beberapa titik lokasi dalam menilai sembilan tatanan yang telah ditetapkan.

Adapun lokasi yang dikunjungi ialah Madrasah Ibtidaiyah Humairah dan SDN 7, Kampung Sejahtera, Gang Setia, Taman Simpang Kandis, Wisata Mangrove, Syarah Bakery, Taman Bonsai, Mal Pelayanan Terpadu (MPP), Pasar PTM, Pasar Baru Koto, TPA, Posyandu Fatmawati, Puskesmas Jalan Gedang, Uji Emosi Gas Buang, Kampung Botol, Masjid Agung At Taqwa dan Rumah Pengasingan Bung Karno.

Berdasarkan pantauan lapangan tim MC dan berdasarkan hasil validasi, Kota Bengkulu telah memenuhi sembilan tatanan yang ditentukan dan diapresiasi tim penilai, meskipun masih ada beberapa masukan dari tim penilaian.

Baca Juga  Dinas TPHP Salah Satu OPD Yang Akan Lakukan Kerjasama Dengan Pemprov Jatim

Adanya kabar baik ini, Pemkot Bengkulu optimis dapat mempertahankan prestasi/penghargaan sebagai Kota Sehat Swasti Saba Wistara di tahun 2023.

Sebelumnya, Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi juga menyatakan keoptimisannya mendapatkan penghargaan Swasti Saba Predikat Wistara.

Untuk diketahui, pada tahun 2013 Kota Bengkulu mendapat penghargaan Padapa, tahun 2015 dapat penghargaan Wiwerda, tahun 2017 dan 2019 dapat penghargaan Wistara.

Walikota juga sudah mengeluarkan kebijakan melalui SK walikota nomor 128 tahun 2020 tentang pembentukan tim pembina forum kota sehat dan SK nomor 127 tahun 2020 tentang pembentukan forum kota sehat.(BR1)adv

Share

Tinggalkan Balasan