Dempo Xler: Pj Sekda Provinsi Bengkulu Jangan Terlalu Lama

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Ketua Komisi l DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler minta Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu harus segera dijabat oleh Sekda definitif dan jangan terlalu lama dijabat Pj Sekda.

Karena, menurut Dempo, Pejabat Sementara (Pj) Sekda dengan Sekda definitif akan berbeda otoritasnya ketika membahas anggaran bersama DPRD, karena Sekda ini penguasa anggaran dan ketua Tim Pembahasan Anggaran Daerah (TPAD)

“Jadi, kalau PJ Sekda ini pasti tidak ada otoritas, karena jabatannya belum tentu lama sehingga dia bisa berpikir jabatannya bisa sehari, dua hari, seminggu atau dua Minggu,” ungkap Dempo, Senin (18/9/2023).

Dempo melanjutkan, apabila jabatan Sekda dijabat secara definitif, maka jabatannya akan lama dan ketika mengemban amanah sebagai perpanjangan tangan kepala daerah untuk membahas anggaran akan mempunyai otoritas.

Dempo menegaskan, soal anggaran ini sangat penting untuk menjalankan program Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) selama 1 periode masa jabatan Gubernur Bengkulu dan Wakil Gubernur Bengkulu.

“Soal anggaran ini penting karena menyangkut hajat hidup orang banyak selama satu tahun APBD dan lima tahunnya RPJMD,” jelas Dempo.

Sebelumnya, Dempo menyebut untuk menghadapi Pemilu tahun 2024 mendatang, Pj Sekda jangan terlalu lama karena insiden ini sering terjadi di Provinsi Bengkulu saat menjelang Pilkada dan Pemilu.(BR1)adv