Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Tetapkan Harga TBS Kelapa Sawit Per Agustus 2023

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu menetapkan harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit periode 1-30 September 2023 seharga Rp 2.307,38,-/Kg.

Penetapan harga TBS kelapa sawit berdasarkan hasil rapat perhitungan dan penetapan harga TBS kelapa sawit bersama perwakilan dari Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang tergabung di Gapki (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia) maupun PKS yang tidak mempunyai pabrik.

Baca Juga  Bupati Seluma Letakan Batu Pertama Pembangunan BTS Site Desa Talang Durian

“Berdasarkan hasil rapat ditetapkan harga TBS kelapa sawit di harga tertinggi Rp 2.307.38,-/Kg dan harga terendah Rp 1. 951.81,-/Kg,” sampai Roslama Dewi yang didampingi Kabid Perkebunan Bickman, Kamis (31/8/2023).

Kemudian, Roslama Dewi menjelaskan, penetapan harga TBS kelapa sawit dilakukan setiap dua kali selama satu bulan bersama PKS yang ada di Provinsi Bengkulu.

Baca Juga  Gubernur Rohidin dan Ketua TP PKK Bengkulu Terimah Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN RI

“Ini rutin dilaksanakan dalam rangka menjaga stabilitas harga TBS kelapa sawit di tingkat petani,” paparnya.

Sebelumnya, harga TBS kelapa sawit periode 1-31 Agustus di angka Rp 2. 316,04,- yang relatif stabil dari harga periode bulan lalu.

Baca Juga  Pembentukan Forum Kemitraan BPJS Kesehatan, Pemprov Bengkulu Optimalkan Layanan

Banyak faktor penyebab terjadinya perubahan harga TBS kelapa sawit, seperti, adanya data invoice penjualan dan kontrak tidak disampaikan para PKS pada periode bulan Agustus 2023 hingga perubahan harga CPO di dunia yang secara tidak langsung berdampak juga pada harga penjualan di Indonesia.(BR1)adv

Share

Tinggalkan Balasan