Iqbal Darmansyah, Casis Bintara Polri Lulus Terpilih, Anak Petani dari Enggano

Iqbal Darmansyah, Casis Bintara Polri Lulus Terpilih, Anak Petani dari Enggano

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-– Raut muka bahagia terpancar dari Iqbal Darmansyah, calon siswa Bintara Polri di Polda Bengkulu, usai namanya diumumkan sebagai Bintara Polri lulus terpilih pada Jumat (4/7/2024) di Gedung Adem Polda Bengkulu.

Iqbal merupakan Casis Bintara Lulus Terpilih asal Desa Malakoni Kecamatan Enggano Kabupaten Bengkulu Utara. 

Putra dari Bapak Yahya Afriadi ini, bukanlah dari kalangan keluarga kaya, melainkan sehari-hari hidup dari hasil bertani di Enggano.

“Ayah saya hanya lulusan SLTP, makanya saya bercita-cita harus lebih tinggi dari ayah saya, dan saya lulus terpilih menjadi Bintara Polri. Saya bangga dan berbahagia, dan siap mengabdikan diri  saya untuk Polri,” ucapnya.

Selain itu, Iqbal juga mengatakan, selama proses seleksi penerimaan Polri, dirinya tidak mengeluarkan biaya apapun.

“Kami dari keluarga kurang mampu, jadi memang tidak ada biaya apapun selama proses seleksi. Semua saya niatkan dengan semangat, dan berkat doa orang tua,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs. Armed Wijaya, M.H., dalam amanatnya saat sidang kelulusan akhir seleksi penerimaan calon Bintara Polri mengatakan, dirinya mengapresiasi seluruh peserta seleksi Bintara dan Tamtama yang di awal berjumlah 1589, tersisa 466 peserta.

“Setelah melalui proses seleksi secara ketat dan transparan, dari 1589 peserta tersisa 466 peserta yang mengikuti proses sidang penetapan kelulusan, ini merupakan pencapaian perjuangan yang sangat luar biasa. rekrutmen yang baik memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan postur personel Polri yang unggul dan handal serta mampu terus berprestasi dan berinovasi guna mewujudkan Polri yang profesional dan presisi,” sampai Kapolda dalam amanatnya yang disampaikan oleh Karo SDM Polda Bengkulu Kombes Pol. Acmad Muchtarom, S.Sos., M.H.

Ditambahkan Kapolda, rekrutmen selalu mengedepankan prinsip betah (bersih, transparan, akuntabel dan humanis) dalam pelaksanaan penerimaan anggota Polri.

Terkait dengan hal tersebut, pada setiap tahapan hasil seleksi penerimaan polri, dilaksanakan secara terbuka dan dapat dilihat secara langsung nilai hasil dari setiap tahapan seleksi. hal ini dilakukan untuk menghindari adanya peluang bagi oknum tertentu melakukan tindakan yang tidak bertanggung jawab. Perlu juga disampaikan bahwa seluruh proses seleksi ini diawasi secara ketat oleh pengawas internal maupun pengawas eksternal.

Panitia, pengawas internal dan eksternal serta pihak yang terkait karena proses rekrutmen dapat berjalan dengan baik dan lancar.  

“Satu hal yang harus kita sadari bersama bahwa setiap perjuangan tentunya ada yang berhasil dan ada pula yang belum berhasil. kepada peserta yang nantinya dinyatakan lulus terpilih saya ucapkan selamat, kepada yang belum lulus,” ucapnya.

Kapolda juga berpesan, dikarenakan keterbatasan kuota yang diberikan Mabes Polri maka jangan berputus asa, tetap giat belajar, berlatih dan tekun berusaha karena kesuksesan adalah cerminan dari usaha dan doa.

“Untuk itu saya doakan semua yang tidak terpilih akan lulus pada tes berikutnya. bagaimanapun hasilnya nanti, saya bangga kepada seluruh peserta seleksi yang begitu antusias. kalian merupakan pemuda terbaik bengkulu, terbukti dari perjuangan kalian yang telah berhasil sampai pada tahapan seleksi akhir,” pungkasnya.(Br1)