Junjung Tinggi Sportivitas, Ribuan Atlet Karate Bengkulu Bersaing Maju ke Tingkat Nasional

Gubernur Rohidin ; RKOC Jadi Ajang Pembentukan Atlet Profesional dan Berkarakter 

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Karate merupakan olahraga bela diri yang membentuk manusia menjadi pribadi yang luhur, berbudi pekerti, memiliki semangat dan daya juang tinggi, serta menjunjung nilai etika, sportivitas, dan sopan santun.

Oleh karena itu, para wasit dan atlet harus menjunjung tinggi sportivitas sesuai dengan sumpah karate serta janji yang telah diucapkan sebelum pertandingan.

Hal tersebut ditegaskan oleh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, dalam sambutannya saat membuka Rafflesia Karate Open Competition (RKOC) di Gelanggang Olahraga, Sawah Lebar, Kota Bengkulu, Jumat (5/7/2024).

Kejuaraan Daerah Open Tournament and Festival ini berlangsung sejak tanggal 5 hingga 7 Juli 2024, diikuti oleh 1.127 atlet putra dan putri yang berasal dari 14 perguruan serta 27 kontingen karate di kota dan kabupaten.

Juara I, II, dan III akan mendapatkan medali dan piagam penghargaan. Sementara untuk juara umum I, II, dan III akan mendapatkan uang pembinaan. Para pemenang juga akan diikutsertakan dalam event serupa di tingkat nasional.

Dengan semangat gotong royong, event keolahragaan di Bengkulu dapat dimanfaatkan untuk membangun ekonomi masyarakat, mengembangkan sektor pariwisata, dan meningkatkan kreativitas.

Sementara itu, Pembina RKOC, Beni Suharto, menuturkan bahwa selain untuk membela diri saat dalam keadaan genting, karate juga untuk mengasah keterampilan dan kepemimpinan, termasuk membentuk kedisiplinan diri.(Br1)adv