Kemarau Melanda, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Salurkan Bantuan Pompa Air 

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Dampak dari penomena El Nino yang melanda sebagian besar wilayah di Indonesia, terutama di Bengkulu membuat sejumlah wilayah mengalami kekeringan lahan pertanian.

Berdasarkan data Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Pertanian (TPHP ) Provinsi Bengkulu dari total 41 ribu hektar (Ha) luas lahan pertanian di Provinsi Bengkulu, terdapat 600 hektar lahan yang mengalami kekeringan.

Baca Juga  Tingkatkan Taraf Perekonomian Warga, Pemdes Bandung Baru Bangun Jalan Penghubung Desa  

Hal ini akan berpotensi mengurangi hasil panen sebanyak 10 ton/600 hektar lahan yang berada di Kabupaten Seluma dan Bengkulu Selatan.

Antisipasi hal itu, Plt Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, Roslama Dewi, mengatakan Dinas TPHP Provinsi Bengkulu sudah menyalurkan bantuan berupa pompa air bagi petani yang terdampak tersebut, salah satunya di Desa Sukaraja Kabupaten Seluma.

Baca Juga  Pelayanan Prima, Disdukcapil Turun Kelapangan Lakukan Rekam E-KTP Lansia Hingga Ajukan Bansos

“Untuk di Seluma sendiri, beberapa waktu lalu tepatnya di Desa Sukaraja, sebagai langkah antisipasi, kami sudah menyalurkan pompa-pompa dan juga pipa yang dapat digunakan oleh para petani untuk mengairi persawahan,” kata Rosmala Dewi, Selasa (5/9/2023)

Lanjut Rosmala Dewi, ada beberapa wilayah di Bengkulu yang juga berpotensi terdampar kemarau dan saat ini telah diberikan bantuan alsintan berupa pompa air.

Baca Juga  Menyedikan Pelayanan Respon Cepat, Stiker Nomor Pimpinan Melekat di Mobnas Kadinsos

“Bengkulu Selatan juga mengalami kekeringan, namun kita telah perintahkan Brigade Alsintan provinsi Bengkulu yang ada di sana menggunakan alat alsintan, pompa dan lain-lain,” tambah Rosmala.

Diketahui, ada tiga Kabupaten yang masuk dalam zona kuning, dan hijau yakni Kota Bengkulu, Rejang lebong, Lebong.(BR1)adv

Share

Tinggalkan Balasan