Pawai Karnaval Santri Meriahkan Peringatan Hari Santri Nasional 2023 di UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Pawai Karnaval Santri Meriahkan Peringatan Hari Santri Nasional 2023 di UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

 UIN Fas Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober adalah momen penting bagi umat Islam Indonesia untuk menghormati peran besar santri dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan. Untuk memperingati hari yang bersejarah ini, Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu menggelar pawai karnaval santri yang megah dan meriah yang dilaksanakan pada Jumat. (20/10/2023)

Pawai karnaval santri ini menjadi sorotan utama di tengah masyarakat Bengkulu, karena perhelatan tersebut berhasil memukau ribuan penonton yang memadati sepanjang rute karnaval. Dipimpin oleh Prof. Dr. H. Zulkarnain, M.Pd selaku Rektor UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, pawai ini memberikan pesan kuat tentang pentingnya pendidikan dan peran santri dalam pembangunan bangsa.

Pawai karnaval tersebut diikuti oleh ratusan santri dari berbagai pondok pesantren di Provinsi Bengkulu, termasuk juga mahasiswa, mahasantri Ma’had Al Jami’ah dan dosen UIN Fatmawati Sukarno. dimana seluruh peserta pawai menggunakan sarung yang mencirikan kekhasan santri. Selain itu, mereka juga membawa atribut dan spanduk yang berisikan pesan-pesan kebaikan, perdamaian, serta semangat persatuan.

Pawai Karnaval Santri Meriahkan Peringatan Hari Santri Nasional 2023 di UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Pawai dimulai dari kampus UIN Fatmawati Sukarno dan berakhir di lokasi Expo Kemandirian Pondok Pesantren Peringatan Hari Santri Nasional 2023 di UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Selama perjalanan, ribuan penonton yang memadati sepanjang rute karnaval menyaksikan dengan penuh antusiasme. Mereka terpesona oleh keragaman budaya dan semangat yang ditunjukkan oleh peserta karnaval.

Prof. Dr. H. Zulkarnain, M.Pd, Rektor UIN Fatmawati Sukarno, memberikan kata sambutan. Dalam pidatonya, beliau menekankan pentingnya peran santri dalam menjaga keberagaman, semangat kebangsaan, dan perdamaian di Indonesia. “Hari Santri Nasional adalah momen bersejarah untuk mengingatkan kita semua akan pentingnya pendidikan agama dan moral yang diemban oleh santri. Mereka adalah pilar kebangsaan dan perdamaian,” ujarnya.

Pawai karnaval santri ini tidak hanya menjadi perayaan semata, namun juga merupakan bentuk apresiasi terhadap peran penting santri dalam memajukan pendidikan, budaya, dan spiritualitas di Indonesia. Acara ini memperlihatkan bagaimana UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu bersama-sama dengan santri dan masyarakat Bengkulu merayakan Hari Santri Nasional dengan semangat yang tinggi dan penuh kebanggaan.(BR1)