Pemkab Mukomuko Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Pjs Bupati M, Rizon Perdana Jadi Inspektur Upacara

Bengkulu, Beritarafflesia.com.-Pemerintah Kabupaten Mukomuko melaksanakan upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila Yang dipimpin oleh Pjs Bupati Mukomuko, M. Rizon, S.Hut Sekaligus Perdana Menjadi Inspektur Upacara, bertempat di lapangan upacara Kantor Bupati Mukomuko. Selasa (01/10/2024).

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pertama kali dilakukan pada tahun 1966, sebagai respon terhadap peristiwa G30S/PKI yang terjadi pada 30 September 1965, Peristiwa itu dianggap dapat mengancam Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Indonesia mampu melewati masa kelam itu, sehingga setahun pasca peristiwa G30S/PKI, diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila. 

Baca Juga  Peduli Terhadap Korban Kebakaran, DPC-MOI Kolaborasi Dengan Danramil 04 Pondok Suguh Salurkan Bansos

“Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober di Indonesia. Tanggal ini memiliki makna yang mendalam bagi bangsa Indonesia, sebagai pengingat akan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa,” ujar Pjs Bupati Mukomuko.

Oleh sebab itu, ketika diwawancarai usai upacara, Pjs Bupati Mukomuko, M. Rizon mengajak seluruh lapisan masyarakat memaknai Kesaktian Pancasila secara mendalam.

Baca Juga  Momentum Prosesi Kenduri, Toko Pemuda dan Nelayan Ipuh Keluhkan Minimnya Alat Tangkap

Bahwa Pancasila selama ini menjadi pengikat persatuan bagi penduduk Indonesia yang beragam agama, suku dan bahasa. 

“Kita patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa dalam demokrasi demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa, Itu tidak lepas karena dalam berkehidupan sosial, pemerintah dan lainnya Pancasila selalu kita jadikan landasan dan pedoman,” katanya. 

Ia mengajak masyarakat untuk merenungkan kembali makna dan implementasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, guna memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca Juga  Dewan MM Minta Pembangunan Pengendali Banjir Sungai Selagan Dikerjakan Sesuai Spek

“Kita harus bekerjasama dan berkolaborasi menjaga kerukunan, keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai pancasila,” pungkasnya.

Sudah sepatutnya, kata Rizon, Pancasila terus kita jadikan Ideologi bangsa dan dasar bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 ini, Pemkab Mukomuko mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila. (NH)

Share