Rapat Persiapan Isbat Nikah Terpadu di Kabupaten Bengkulu Selatan

Bengkulu Selatan,Beritarafflesia.Com-Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan yang diwakili oleh Sekda, Asisten 1 dan Kabag Kesra bersama dengan Pengadilan Agama  Manna dan Kepala Kantor Kementerian Agama Bengkulu Selatan KUA Manna menggelar rapat persiapan Isbat Nikah terpadu di ruangan Sekda Bengkulu Selatan. Rapat tersebut membahas kesiapan PA Manna dan Kementerian Agama untuk mempersiapkan isbat nikah terpadu yang akan diikuti 100 pasang pengantin.

Rapat Isbat Nikah terpadu ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan untuk mempermudah proses administrasi pernikahan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut. Dengan adanya rapat ini, calon pengantin dapat menyelesaikan semua prosedur pernikahan secara komprehensif dan terpadu sehingga proses administrasi nikah dapat berjalan lebih efisien.

Bupati Bengkulu Selatan, melalui sekda Bengkulu selatan menyampaikan bahwa penyelenggaraan rapat persiapan Isbat Nikah terpadu ini merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, khususnya dalam hal penetapan status pernikahan. Beliau juga menegaskan pentingnya menjaga keutuhan rumah tangga yang dimulai dari proses pernikahan yang sah dan tercatat secara hukum.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama  menyampaikan bahwa rapat persiapan Isbat Nikah terpadu ini dilaksanakan sebagai upaya untuk memastikan bahwa seluruh calon pengantin telah melengkapi persyaratan administrasi pernikahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal ini diharapkan dapat mencegah adanya masalah di kemudian hari terkait dengan keabsahan pernikahan.

Selama rapat berlangsung, dijelaskan  arahan mengenai prosedur dan syarat-syarat administrasi pernikahan.  Beberapa perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bengkulu Selatan turut hadir untuk memberikan penjelasan terkait administrasi kependudukan yang terkait dengan proses pernikahan.

Setelah melalui proses arahan dan pengecekan dokumen, kelompok calon pengantin dijadwalkan untuk melaksanakan prosesi isbat nikah di hadapan Kepala KUA Manna dan pejabat dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bengkulu Selatan.

Di akhir acara, Asisten 1 menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam penyelenggaraan rapat persiapan Isbat Nikah terpadu ini.

Rapat persiapan Isbat Nikah terpadu ini berhasil memastikan bahwa seluruh calon pengantin telah melengkapi persyaratan administrasi pernikahan dengan benar dan akan resmi menjalani proses isbat nikah dalam waktu dekat. Dengan demikian, diharapkan bahwa proses pernikahan bagi masyarakat di Bengkulu Selatan dapat terlaksana secara lancar dan menyeluruh sesuai dengan tuntutan agama dan hukum yang berlaku. (BR1)