Tingkatkan Peran RT/RW, Wawako Dedy Kukuhkan Forum RT / RW Kota Bengkulu

Tingkatkan Solidaritas, Wawako Dedy Kukuhkan Forum RT / RW Kota Bengkulu

Kiprah dan peranan Rukun Tetangga (RT) maupun Rukun Warga (RW) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu terutama dalam membantu penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan sangat dibutuhkan.

“Karenanya dengan terbentuknya Forum RW, akan lebih terkoordinasi. Sehingga apabila ada hal-hal yang oleh para ketua RT dan RW dirasakan kurang dihargai, bisa diperjuangkan di forum ini. Bahkan dengan lembaga-lembaga yang dibentuk di Forum RW, di musyawarah melalui peran RW dengan tujuan meningkatkan keharmonisan dari sebelumnya. Tapi juga bagaimana agar RT dan RW ini keberadaanya dihargai.atau tidak dianggap kecil”, ucap Walil Walikota Bengkulu,Dedy Wahyudi dalam acara pengukuhan forum RW/RT kecamatan se Kota Bengkulu, Jumat (24/02/2023) di Berendo Kota Bengkulu.

Baca Juga  Wakil Walikota Dedy Tegaskan Agar OPD Lebih Cermat Dalam Pembuatan Bukti Potong Pajak
Tingkatkan Solidaritas, Wawako Dedy Kukuhkan Forum RT / RW Kota Bengkulu

Selanjutnya dikatakan Dedy Wahyudi   pembentukan Forum RW di Kota Bengkulu ,diharapkan akan menjadi contoh yang baik termasuk dalam pelaksanannya. Sehingga apabila ada permasalahan yang kurang berkenan, bisa dirumuskan dalam forum, dicarikan solusinya, guna mencairkan persoalan atau pandangan sebagian kecil masyarakat, yang masih memandang kecil keberadaan RW dan RT.

Berdasarkan pengertian kedudukan dan maksud pembentukannya, dikatakan Wakil walikota, RT dan RW mempunyai tugas yang sangat banyak, Diantaranya, menggerakan gotong royong, swadaya dan partisipasi masyarakat. Membantu terciptanya ketentraman dan ketertiban dalam rangka menunjang stabilitas nasional, membantu menyebarluaskan dan mengamankan setiap program pemerintah, menjembatani sesame anggota masyarakat dengan pemerintah serta membantu tugas pelayanan kepada masyarakat yang menjadi tanggung jawab pemerintah.

Mengacu pada tugas pokok tersebut, menurutnya, dinamika kehidupan Kota Bengkulu yang sangat heterogen, memerlukan kelembagaan masyarakat yang kuat, mengakar dan memihak kesejahteraan. Masyarakat agar potensi masyarakat dapat dikembangkan untuk membangun system dan tatanan social yang memadai. Alasannya, perspektif pembangunan pada otonomi daerah, benar-benar harus ditopang oleh prakarsa masyarakat. Kebijakan pemerintahan dan pembangunan, yang didasarkan pada visi dan misi Kota Bengkulu Bermartabat,dan Riligius maka RT dan RW adalah ruang lingkup yang dituntut untuk memiliki tradisi perencanaan, pengawasan, pengendalian dan evaluasi atas seluruh aktifitas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Karena masyarakat lebih memahami dan tahu apa yang menjadi kebutuhan dan bagaimana mengimplementasikannya.

Baca Juga  Tagana Kota Bengkulu Tetap Siaga Selama Libur Lebaran 2024

Ketua Forum RT /RW terpilih Kota Bengkulu,Drs.Darma Setiawan Kadar.SH mengatakan, berkumpulnya para Ketua RW se Kota Bengkulu, merupakan isyarat, telah terjalinnya komitmen adanya persatuan dan kesatuan serta kebersamaan untuk membina silaturahmi. Selain juga komitmen dukungan, dari peran serta para ketua RW dalam membina, memelihara untuk senantiasa meningkatkan kemitraan dan kerjasama dengan Pemerintah Kota.

Baca Juga  Pemkot Bengkulu Berikan Fasilitasi dan Dampingi Proses Pemindahan Makam di TPU Taman Bahagia

Keberadaan lembaga RT/RW Kota Bengkulu yang kepengurusannya dilantik dan dikukuhkan langsung oleh Dedy Wahyudi,Hhari ini, telah dirasakan warga Bengkulu, diantaranya penggalangan masyarakat dalam memelihara lingkungan hidup. Apabila dapat lebih diberdayakan, akan terwujud penguatan potensi local serta solidaritas masyarakat di lingkungan yang terkecil. Pendekatan himanisme para pengurus RT dan RW ini, lebih mengedepankan suasana santun, Dalam menjalankan amanahnya, dialakukan secara tulus ikhlas tanpa mengenal imbalan pamrih, bahkan akan merasa puas secara batiniah, apabila yang dilakukannya bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya.”pungkas Iwan.(BR1)

Share

Tinggalkan Balasan